Kedatangan Jepang Di Indonesia


Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia
  1. Kehadiran Jepang di Indonesia
  2. Janji Kemerdekaan oleh Pemerintah Jepang
  3. Terbentuknya BPUPKI
  4. Terbentuknya PPKI

Usaha  Persiapan Kemerdekaan Indonesia
1.  Kehadiran Jepang di Indonesia

Perang di daerah Asia-Fasifik meletus sehabis Jepang menyerang secara mendadak pertamaan AngkatanLaut Amerika Serikat di Pearl Harbour - Hawaii pada tanggal 7 Desember 1941. Penyerbuan Jepang itu sudah mengakibatkan Amerika serikat terseret dalam perang asia Fasifik.

Sesudah menghantam Pearl Harbour, Jepang menyerang dan berusaha menguasai negara-negara di daerah Asia fasifik. aksi pasukan Jepang yang sangat cepat sehingga tidak sanggup dibendung oleh Amerika serikat yang sudah lumpuh angkatan laut-nya.

Serangan-serangan Jepang dikendalikan di pertamaan Kepulauan Carolina, formosa, Indocina, dan Thailand. Dalam waktu singkat Jepang berhasil menduduki wilayah di daerah Asia fasifik diantaranya :


1.    Kawasan Asia - Singapura, Philippina, Laos, Vietnam, Kamboja, Thailand, Myanmar dan Indonesia

2.    Kawasan Fasifik - Kepulauan Kuril, Kepulauan Marshal, Gilbert, Laut Bismark, Irian utara, Kepulauan Aleut, Midway, Kepulauan Carolina, Kepulauan Mariana, Kepulauan Salomon, Saipan, Guam dan Laut Koral


Jepang mulai mendaratkan pasukan di Indonesia pada 1 Maret 1942. Jenderal Imamura memimpin pendaratan di tiga tempat yaitu: Banten, Indramayu dan Bojonegoro. Pendaratan ini tidak diduga oleh Belanda yang ketika itu berkuasa atas Indonesia. Tentera Belanda tidak mempersembahkan perlawanan yang berarti terhadap pasukan gerak cepat Jepang.

Pada 8 Maret 1942 Belanda mengalah kepada pihak Jepang. Penyerahan tanpa syarat pihak Belanda kepada Jepang dilaksanakan di Kalijati, Subang jawa Barat. Pihak Belanda diwakili Panglima Tentara Belanda Jenderal Ter Porten, sedangkan Jepang diwakili Jenderal Imamura.

Sejak ketika itu berakhirlah kekuasaan belanda di Indonesia dan sekaligus menjadi pertama pendudukan Jepang di Indonesia.

0 Komentar untuk "Kedatangan Jepang Di Indonesia"

Back To Top