Rubrik Penilain Kinerja Guru


Penilaian Kinerja Guru (PKG) akan dimulai bulan Januari 2013, oleh alasannya itu seluruh guru terutama guru yayasan dan guru PNS segera mempersiapkan diri dalam pelaksanaan penilaian tersebut. Penilaian ini juga berdampak pada Penetapan Angka Kredit (PAK), Kenaikan Pangkat dan Tuntidakboleh Sertifikasi  Guru.

Ada sebanyak 14 indikator kinerja baik dalam mempersiapkan jadwal dan pelaksanaan jadwal pembelajaran. Berikut ini sanggup dilihat Rubrik Penilaian Kinerja Guru yang diterbitkan Badan Standar Nasional pendidikan (BSNP) Indonesia


RUBRIK
PENILAIAN KINERJA GURU


PETUNJUK

1.   Kumpulkan dokumen perangkat pembelajaran dari guru sebelum pengamatan pembelajaran,  cacatan hasil pengamatan selama dan sesudah  pembelajaran, serta cacatan kemajuan dan hasil mencar ilmu akseptor didik.

2.   Baca dengan cermat butir penilaian kinerja dan rubrik penilaian dan selanjutnya bandingkan hasil analisis dokumen sebelum pengamatan pembelajaran,  cacatan hasil pengamatan selama dan sesudah  pembelajaran, serta cacatan kemajuan dan hasil mencar ilmu akseptor didik, untuk tetapkan butir penilian kinerja terpenuhi atau tidak.

3.   Jika masing-masing butirdalam rubrik penilaian terpenuhi secara utuh, maka nyatakan dengan YA dengan memdiberi tanda (√) dan kalau masing-masing butir pernyataan tersebut spesialuntuk sebagian atau tidak utuh terpenuhi maka nyatakan dengan TIDAK dengan memdiberi tanda (√).


I.     PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.    Indikator Kinerja 1.1: Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik akseptor didik.

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)

BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.       Tujuan pembelajaran dirumuskan  dan dikembangkan menurut SK/KD yang akan dicapai.
a.       Tujuan pembelajaran yang dirumuskan di RPP sudah mencakup beberapa aspek tiruana indikator ketercapaian hasil belajar.
b.      Tujuan pembelajaran memuat citra proses dan hasil mencar ilmu yang sanggup dicapai oleh akseptor didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya
b.      Tujuan pembelajaran dalam RPP dirumuskan dengan kata kerja yang terang (tidak menjadikan penafsiran ganda), sanggup dikerjakan (peserta didik sanggup melakukannya) dan terukur (dapat dinilai hasilnya baik secara tertulis, verbal maupun bentuk hasil kerja akseptor didik lainnya
c.       Tujuan pembelajaran diubahsuaikan dengan kebutuhan mencar ilmu akseptor didik
c.       Tujuan pembelajaran di RPP dijenjangkan sesuai dengan tingkat an kelas 


2.    Indikator  1.2 Guru menyusun  bahan bimbing secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir.

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)

BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.       Bahan bimbing disusun dari yang sederhana ke kompleks, praktis ke susah dan/atau konkrit ke abnormal sesuai dengan tujuan pembelajaran
a.       Bahan bimbing disusun dari yang sederhana ke kompleks, praktis ke susah dan/atau konkrit ke abnormal sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.      Keluasan dan kedalaman materi bimbing disusun dengan memperhatikan potensi akseptor didik (termasuk yang cepat dan lambat,motivasi tinggi dan rendah)
b.      Keluasan dan kedalaman materi bimbing disusun dengan memperhatikan potensi akseptor didik, contohnya akseptor didik yang belajarnya cepat atau lambat, akseptor didik yang mempunyai motivasi tinggi dan rendah

c.       Bahan bimbing dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.

c.       Bahan bimbing dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.
d.      Bahan bimbing dirancang dengan menggunakan sumber yang bervariasi (tidak spesialuntuk buku pegangan akseptor didik)
d.      Bahan bimbing dirancang dengan menggunakan sumber yang bervariasi aatau guru mengajar tidak spesialuntuk memakai buku pegangan akseptor didik tetapi juga sumber-sumber lain yang relevan


3.    Indikator Kinerja 1.3: Guru merencanakan acara pembelajaran yang efektif

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)

BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.       Strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai /kompetensi harus dikuasai akseptor didik.
a.       Strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai /kompetensi harus dikuasai akseptor didik.
b.      Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sanggup megampangkan pemahaman akseptor didik
b.      Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sanggup megampangkan pemahaman akseptor didik
c.       Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor akseptor didik.
c.       Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor akseptor didik.
d.      Setiap tahapan pembelajaran didiberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar  peserta didik.
d.      Setiap tahapan pembelajaran didiberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar  peserta didik


4.    Indikator Kinerja 1.4: Guru menentukan sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan taktik pembelajaran

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)

BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.       Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sanggup digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan).
a.       Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan)dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai.
b.      Sumber belajar/media pembelajaran termasuk TIK yang dipilih sanggup megampangkan pemahaman akseptor didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
b.      Sumber belajar/media pembelajaran termasuk TIK yang dipilih sanggup megampangkan pemahaman akseptor didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
c.       Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor akseptor didik.
c.    Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor akseptor didik.





II.    PELAKSANAANKEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF

5.    Indikator Kinerja 2.1: Kemampuan Memulai Pembelajaran yang Efektif Membuka Proses Pembelajaran

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)

BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.     Melakukan apersepsi
a.       mengaitkan materi pembelajaran kini dengan pengalaman akseptor didik atau pembelajaran sebelumnya (termasuk kemampuanprasyarat), mengajukan pertanyaan menantang, menyampaikanmanfaat materi pembelajaran, mendemonstrasikan sesuatuyang terkait dengan materi pembelajaran
b.     Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam planning kegiatan
b.      menyampaikan kemampuan yang akan dicapai dengan bahasa akseptor didik, contohnya dengan menyampaikan bahwa sesudahpembelajaran selesai siswa sanggup menerangkan faktor-faktorpenyebab gempa bumi. Rencana acara misalnya, individual,kerja kelompok, dan melaksanakan observasi


6.    Indikator Kinerja 2.2: Penguasaan Materi Pelajaran

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, catatan hasil wawancara dengan guru, dsb.


BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.       Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.
a.       materi yang disampaikan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan dalam RPP
b.      Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan faktual .
b.      materi yang disampaikan dikaitkan dengan bidang studi lainnya, contohnya mengaitkan aristmatik (operasi bilangan)dengan IPS (transaksi ekonomi).
c.       Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.
c.       materi bimbing sesuai dengan topik yang dibahas
d.      Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (gampang ke susah, dari konkrit ke abstrak)
d.      materi disampaikan secara sistematis  (gampang ke susah, dari konkrit ke abstrak


7.    Indikator Kinerja 2.3: Pendekatan/Strategi  pembelajaran

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain),  catatan hasil pengamatan pembelajaran, catatan hasil wawancara dengan akseptor didik, dsb.


BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.       Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
a.       materi, taktik dan acara mencar ilmu sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai  (kognitif, psikomotor, dan afektif)
b.      Melaksanakan pembelajaran secara runtut
b.      Materi disajikan  sistematis dengan memakai stragi pembelajaran yang tepat
c.       Menguasai kelas
c.       Perhatian akseptor didik terserius pada belajar, disiplin kelas terpelihara, dan kelas terkendali
d.      Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
d.      materi bimbing disampaikansesuai dengan kondisi kehidupan faktual dan mempunyai manfaat dalam kehidupan sehari-hari akseptor didik
e.      Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)
e.      kegiatan mencar ilmu sanggup mendorong kebiasaan akseptor didik untuk bekerjasama, saling menghargai, bertanggung-jawaban berpikir kritis, dsb.
f.        Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
f.        pembelajaran dimulai dan diakhiri sesuai dengan alokasi waktu yang disediakan


8.    Indikator Kinerja 2.3: Pemanfaatan sumber mencar ilmu /media pembelajaran

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, hasil wawancara dengan siswa, dsb



BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.       Menunjukkan keterampilan dalam penerapan sumber belajar/media pembelajaran
a.       guru terampil memanfaatkan lingkungan dan sumber mencar ilmu lainnya serta sanggup memakai media pembelajaran (alat laboratorium, TIK, media lainnya)  untuk mencapai sasaran sesuai dengan alokasi waktu
b.      Menghasilkan pesan yang menarikdanunik
b.      media yang digunakan sanggup menusatkan perhatian akseptor didik, sehingga pesan sanggup ditangkap dengan jelas
c.       Melibatkan siswa dalam pembuatan dan memanfaatkan sumber belajar/media pembelajaran
c.       akseptor didik dilibatkan dalam pembuatan dan memanfaatkan sumber belajar/media pembelajaran


9.    Indikator Kinerja 2.4: Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan  siswa

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamtan pembelajaran


BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.       Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar
a.       kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan mendorong interaksi aktif antara guru dengan akseptor didik antar akseptor didik secara mental, emosional, maupun fisik
b.      Merespon positif partisipasi siswa
b.      guru merespon positif terhadap aktifitas akseptor didik (misalnya mempersembahkan pujian, meminta akseptor didik lain untuk menanggapi akseptor didik lain, menegur yang melanggar disipilin tanpa harus merendah harga diri yang ditegur, dsb)
c.       Menunjukkan perilaku terbuka terhadap respons siswa
c.       guru menghargai pendapat akseptor didik, mengakui kebenaran dan mengakui keterbatasan diri akseptor didik
d.      Menunjukkan korelasi antarpribadi yang aman
d.      menunjuk perilaku ramah, luwes, hangat, sopan,  menghargai keragaman budaya dan latar belakang akseptor didik
e.      Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
e.      suasana mencar ilmu yang menyenang dan menarikdanunik


10.  Indikator Kinerja 2.4: Penggunaan bahasa

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb


BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.       Menggunakan bahasa verbal secara terang dan lancar
a.       bahasa verbal yang digunakan guru gampang,jelas dan tidak menjadikan salah tafsir serta sanggup dimengerti oleh akseptor didik sesuai tingkat perkembangannya
b.      Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
b.      bahasan goresan pena (misalnya RKS, soal, modul, dsb) yang digunakan  memenuhi kaidah bahasa yang benar, gampang,jelas dan tidak menjadikan salah tafsir serta sanggup dimengerti oleh akseptor didik sesuai tingkat perkembangannya
c.       Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
c.       informasi disampaikan dengan ekspresi wajah, intonasi suara, gerak badan sesuai dengan pesan yang disampaikan


11.  Indikator Kinerja 2.5: Kemampuan Mengakhiri Pembelajaran yang Efektif

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb


BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.       Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
a.       guru mengajak siswa mengingat kembali hal-hal penting yang sudah terjadi dalam acara mencar ilmu (misalnya mengajukan pertanyaan wacana proses, materi dan insiden lainnya) dan menfasilitasi akseptor didik dalam membuat rangkuman
b.      Melaksanakan tindak lanjut dengan mempersembahkan arahan, atau kegiatan, atau kiprah sebagai potongan remidi/pengayaan
b.      mempersembahkan kegiatan/tugas khusus bagi akseptor didik yang belum dan sudah mencapai kompetensi (misalnya dalam bentuk tes, menolongan belajar, kiprah khusus sebagai tutor sebaya, dsb)



III.   PENILAIAN PEMBELAJARAN

12.  Indikator Kinerja 3.1: Guru merancang alat penilaian untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan mencar ilmu akseptor didik

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian dan daftar nilai akseptor didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil wawancara dengan guru, dsb.


BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.       Kesesuaian metode dan jenis penilaian (tes lisan, tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan tujuan pembelajaran.
a.       apakah jenis dan metode penilai yang direncanakan dalam RPP sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
b.      Alat tes dirancang untuk sanggup mengukur kemajuan mencar ilmu akseptor didik dari aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotorik.
b.      apakah alat tes yang dikembangkan dapat  mengukur kemajuan mencar ilmu akseptor didik dari banyak sekali aspek kognitif, psikomotor dan afektif
c.       Rancangan penilaian portofolio akseptor didik minimal 1 kali per semester
c.       apakah guru merancang penilaian portofolio dalam bentuk pemdiberian kiprah terstruktur (misalnya menulis resensi buku, membuat laporan kerja lapangan/studi banding, penelitian kecil, kiprah proyek, dsb)
d.      Hasil analisis penilaian sebelumnya (UH, UAS, UN) digunakan  untuk keperluan jadwal perbaikan (remedial,  pengayaan, dan/atau menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran)
d.      apakah guru melaksanakan analisis hasil penilaian (lihat hasil analisisnya) dan menggunakannya untuk penyempurnaan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran.
Catatan: masing-masing pernyataan tersebut di atas sanggup juga didiskusikan kepada guru


13.  Indikator Kinerja 3.1: Guru memakai banyak sekali taktik dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil mencar ilmu akseptor didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP.

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian dan daftar nilai akseptor didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb


BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.       Menggunakan metode penilaian otentik (kuis, pertanyaan lisan, pemdiberian tugas, dsb.) untuk memantau kemajuan mencar ilmu akseptor didik.
a.       apakah selama proses pembelajaran guru melaksanakan aktifitas penilaian proses untuk mengukur kemajuan mencar ilmu dengan memakai banyak sekali metode penilaian (misalnya kuis, pertanyaan lisan, pemdiberian tugas, dsb)
b.      Menggunakan metode penilaian (ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester) disusun untuk mengukur hasil mencar ilmu akseptor didik dalam aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotor.
b.      apakah diakhir pembelajaran guru melaksanakan aktifitas penilaian terencana untuk mengukur hasil mencar ilmu dengan memakai banyak sekali metode penilaian (misalnya ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester)
c.       Menerapkan penilaian portofolio dalam bentuk kiprah terstruktur
c.       apakah guru melaksanakan penilaian portofolio akseptor didik yang dibuktikan dengan hasil tugas-tugas terstruktur (misalnya resensi buku, laporan kerja lapangan/studi banding, laporan pelaksanaan penelitian kecil, laporan kiprah proyek, dsb)
d.      Menggunakan alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi bimbing sebagaimana disusun dalam RPP.
d.      apakah alat dan metode pelaksanaan penilaian tersebut di atas sesuai dengan materi dan sanggup mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran


14.  Indikator Kinerja 3.1: Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk mempersembahkan umpan balik bagi akseptor didik wacana kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya

Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian dan daftar nilai akseptor didik Bahan Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,  Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil wawancara dengan akseptor didik, orang renta dan mungkin kolega, planning dan jadwal pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan, akta pelaksanaan keprofesian berkelanjutan, dsb

BUTIR PENILAIAN KINERJA

RUBRIK PENILAIAN
a.       Menggunakan hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang gampang, sedang dan susah sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing akseptor didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
a.       apakah guru melaksanakan dan mempunyai hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang gampang, sedang dan susah untuk acara remedial dan pengayaan
b.      Menggunakan hasil penilaian untuk menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran
b.      apakah hasil penilaian digunakan guru dalam penyempurnakan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran (diskusikan dan minta guru menerangkannya dengan memakai RPP)
c.       Melaporkan kemajuan dan hasil mencar ilmu akseptor didik kepada orang tua, mitra guru dan bagi akseptor didik sebagai refleksi belajarnya
c.       apakah guru mempunyai catatan kemajuan dan hasil mencar ilmu akseptor didik dan catatan hasil diskusiorang renta dan mitra sejawat. Guru juga mengembalikan hasil hasil penilaian yang sudah didiberikan komentar kepada akseptor didik sebagai refleksi (dapat dilakukan melalui wawancara dengan akseptor didik, orang tua, dan mitra sejawat serta memberikan hasil tes yang sudah dikoreksi dan didiberikan komentar)
d.      Memanfaatkan hasil penilaian secara efektif untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan duduk perkara potensial untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran
d.      guru sanggup menandakan acara pengembangan keprofesian yang sudah  diikutinya didasarkan pada hasil penilaian mencar ilmu akseptor didik.


Sumber : BSNP - Badan Standar Nasional pendidikan  Indonesia

0 Komentar untuk "Rubrik Penilain Kinerja Guru"

Back To Top