Mengembangkan Perilaku Simpati Terhadap Pelaku Penyimpangan Sosial


Penyimpangan Sosial Dalam Kehidupan Masyarakat

1.      Penyimpangan Sosial


E Mengembangkan Sikap Simpati terhadap Pelaku Penyimpangan Sosial

       Para pelaku penyimpangan sosial memang sudah selayaknya mendapat eksekusi dari pihak yang berwajib. Akan tetapi, bila para pelaku penyimpangan sosial tersebut masih sanggup dibina, maka sebaiknya kita kembangkan sikap simpati terhadap para pelaku penyimpangan sosial tersebut.

       Sikap simpati yakni suatu sikap yang ditujukan seseorang sebagai suatu proses di mana seseorang merasa tertarik pada perasaan pihak lain yang mendorong impian untuk memahami dan berhubungan dengan pihak lain.

       Sikap simpati sanggup ditunjukkan dalam bentuk perhatian, kepedulian, rasa ingin menolong, dan sebagainya. Perasaan simpati spesialuntuk akan sanggup berlangsung dan berkembang dalam diri seseorang bila terdapat saling pengertian.

       Mengembangkan sikap simpati terhadap para pelaku penyimpangan sosial bukan berarti kita menyetujui perbuatan mereka. Sikap menyerupai ini justru sanggup kita gunakan untuk menyadarkan sikap mereka.

       Tentu saja cara penyampaiannya dilakukan dengan tutur bahasa yang santun dan tidak berkesan menggurui atau menghakimi. Teknik-cara menyerupai ini pada umumnya lebih mengena dan sanggup didengarkan oleh mereka, alasannya yakni mereka merasa lebih dihargai.

       misal sikap simpati yang sanggup kita kembangkan terhadap para pelaku penyimpangan sosial, antara lain, mencakup hal-hal diberikut ini.

       1.    Memdiberikan isyarat berupa contoh-contoh dan dampak negatif dari perbuatan menyimpang yang sudah atau biasa mereka lakukan, contohnya dampak negatif dari mabuk-mabukan atau berjudi. Tentunya dengan bahasa yang berteman dekat dan berkesan akrab.

     2.    Menggali gosip ihwal talenta dan kemampuan yang dimiliki oleh para pelaku penyimpangan, kemudian memdiberi motivasi biar mereka mau tergerak untuk membuatkan kemampuannya ke arah positif.

     3.    Tetap mempersembahkan iktikad kepada mereka yang sudah dicap sebagai pelaku penyimpangan dengan cara ikut menyertakan mereka ke dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

     4.    Turut serta dalam upaya menyadarkan pelaku penyimpangan yang berkaitan dengan penyalahgunaan obat-obatan melalui pendirian pusat-pusat rehabilitasi atau penyuluhan-penyuluhan ihwal bahayanya.

0 Komentar untuk "Mengembangkan Perilaku Simpati Terhadap Pelaku Penyimpangan Sosial"

Back To Top