: Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia 2017/2018 Sma/Ma Nomor 18: Kalimat Tidak Padu



18. Cermati paragraf diberikut!                                                                                                        
(1) Lagi-lagi gaya hidup yang tidak sehat dituduh sebagai salah satu biang keladi menurunnya fungsi otak. (2) kebiasaan makan makanan yang salah sanggup disebut sebagai contoh. (3) Apalagi, maraknya makanan yang “enak-enak” berkadar gula, garam, dan lemak tinggi yang dijajakan membuat kita kerap tak kuasa menahan diri. (4) Hal ini sanggup kita lakukan dengan pengecekan gula darah, kadar asam urat, dan tensi ke laboratorium. (5) akibatnya, aliaran darah ke otak terhambat oleh pengerasan dan penyempitan pembuluh darah.
Kalimat tidak padu pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Kunci Jawaban: D
Pembahasan 
Kalimat tidak padu ialah kalimat yang tidak mempunyai kekerabatan dengan kalimat lainnya pada suatu paragraf. Kalimat tidak padu pada paragraf tersebut yakni kalimat bernomor (4). Kalimat bernomor (1), (2), (3), dan (5) meliputi gaya hidup yang tidak sehat, sedangkan kalimat bernomor (4) meliputi investigasi kesehatan. 
RINGKASAN MATERI
KALIMAT TIDAK PADU DALAM PARAGRAF
Kalimat tidak padu ialah kalimat yang tidak mempunyai kekerabatan dengan kalimat lainnya pada suatu paragraf. Kalimat tidak padu juga seringkali berperihalan dengan wangsit paragraf yang hendak disampaikan. Kalimat ini sanggup saja terjadi alasannya yakni kesalahan penulisan pada ketika menyisipkan gagasan ke dalam kalimat. Berikut beberapa ciri dari kalimat tidak padu :
a. Kalimat tidak padu seingkali berperihalan dengan wangsit pokok pada kalimat utama dalam paragraf. Jika pembaca mencermati tiap kalimat pada paragraf, maka akan dengan simpel mengidentifikasi kalimat tak padu tersebut.
b. Kalimat tidak padu jikalau diperhatikan konten kalimatnya tidak sambung atau tidak berkesinambungan serta tidak mendukung kalimat lainnya dalam paragraf.
c. Kalimat tak padu seringkali keluar dari inti permasalahan yang sedang dibicarakan dalam kalimat.
Hal-hal yang harus dilakukan guna mengidentifikasikan kalimat sumbang yakni terlebih lampau menentukan kalimat utama yang memuat wangsit pokok paragraf. Sesudah itu tentukan beberapa kaliama penjelas yang mendukung serta berkesesuaian dengan kalimat utama. Jika terdapat kalimat yang tidak sambung dengan kalimat utama dan penjelas, maka sanggup dipastikan bahwa kalimat tersebut yakni kalimat tidak padu.
misal Kalimat Tak Padu
misal 1 :
(1) Andi yakni anak yang cerdas. (2) Tak heran jikalau dirinya selalu mendapat peringkat pertama di kelasnya. (3) Beberapa kali juga ia sempat mewakili sekolahnya dalam ajang perlombaan cerdas cermat ataupun olimpiade sains. (4) ia juga sering memboyong banyak tropi dalam beberapa event perlombaan sejenis Lomba Cepat Tepat (LCT). (5) Karena dianggap sebagai siswa yang cerdas, ia sering dimintai tolong oleh gurunya untuk membimbing kawan-kawannya yang merasa kesusahan dalam hal bahan pelajaran sekolah. (6) Andi sangat piawai sekali dalam memainkan bidak catur pada pertandingan peringatan kemerdakaan RI ahad lalu. (7) Di tahun terakhir sekolahnya ia tak lagi galau untuk mencari daerah berkuliah. (8) Ia sudah diterima di salah satu pergutuan tinggi negeri terkemuka di Indonesia dan mendapat beasiswa penuh selama studi.
Penjelasan :
Kalimat satu yakni “Andi yakni anak yang cerdas“ ialah kalimat utama yang memuat wangsit pokok paragraf. Kalimat lainnya berperan sebagai kalimat penjelas yang berkaitan dengan kalimat utama kecuali pada kalimat nomor 6 yakni “Andi sangat piawai sekali dalam memainkan bidak catur pada pertandingan peringatan kemerdakaan RI ahad lalu.” Kalimat tersebut menyimpang dari serius problem yang dibahas pada kalimat utama dan kalimat penjelas.
misal 2 :
(1) Nugroho sangat menyukai anime onepiece. (2) Tak spesialuntuk menyukai alur ceritanya, ia juga sangat suka dengan lagu-lagu yang menjadi Oroginal Soundtrack (OST) dari manga karya Eichiro Odha ini. (3) Koleksinya hingga sekarang sudah mencapai 75 buah komik dan 750 serial animenya. (4) Nugroho juga sangat menyukai buah anggur dan pisang. (5) Ia mengaku sangat mengagumi beberapa tokoh yang ada dalam kisah anime ini diantaranya ialah Monkey D. Luffy, Potgas D. Ace, Akagami No Shanks, Trafalgar Law dan lainnya. (6) Dalam komunitas sosialnya, Nugroho tergabung dalam sebuah komunitas pecinta serial animasi Jepang ini.
Penjelasan :
Kalimat satu yakni “Nugroho sangat menyukai anime onepiece “ yakni kalimat utama yang terdapat gagasan utama paragraf. Sedangkan kalimat lainnya berperan sebagai kalimat penjelas yang mendukung gagasan kalimat utama kecuali yang terdapat pada kalimat nomor 4 yakni “(4)Nugroho juga sangat menyukai buah anggur dan pisang.” Kalimat nomor 6 tersebut tidak sesuai dan tidak ada hubungannya dengan gagasan serta inti problem yang dibahas pada kalimat Utama.
misal 3 :
(1) Pesisir Barat ialah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Lampung yang menyimpan nirwana destinasi wisata. (2) Provinsi hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat ini ialah nirwana bagi para pecinta destinasi wisata pantai. (3) Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat. (4) Banyak turis domestik maupun mancguagara yang mengunjungi pantai-pantai yang ada di kabupaten ini spesialuntuk untuk menikmati keindahan panorama alamnya ataupun hendak berselancar.
Penjelasan :
Kalimat satu pada paragraf di atas ialah kalimat utama yang mengandung wangsit pokok paragraf. Kalimat-kalimat lainnya semestinya berperan sebagai kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama. Pada pragraf di atas kalimat yang tidak berkesinambungan dengan kailmat utama dan kalimat penjelas terdapat pada kalimat nomor 3 yakni “Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat.” Kalimat ini berperihalan dengan serius problem yang ada pada kalimat utama yakni yang mengulas terkena destinasi wisata kabupaten Pesisir Barat.
misal 4 :
(1) Di sekolah baruku terdapat majemuk acara ektrakulikuler. (2) Bagi anakdidik yang menyukai acara olah raga sanggup menentukan klub bulu tangkis, sepak bola, voli, basket, sepak takraw, dan masih banyak lagi. (3) Adapula klub-klub musik ibarat klub dangdut, rock, jaz, dan keroncong yang sanggup dipilih menurut selera musik masing-masing siswa. (4) Semua anggota klub sangat menyukai mie ayam kantin Pak Husein. (5) Di bidang olah raga bela diri sekolahku juga memfasilitasi banyak sekali jenis seni bela diri diantaranya ialah pencak silat, taekwondo, wushu, dan karate.(6) Selain itu ada juga klub jurnalistik, fotografer, pecinta film, dan masih banyak lagi.
Penjelasan :
Kalimat utama di atas ditunjukan pada kalimat pertama yakni “Di sekolah baruku terdapat majemuk acara ektrakulikuler”. Kalimat lainnya berkedudukan sebagai kalimat penjelas yang saling berkaitan dengan kalimat utama kecuali pada kalimat no 4 yakni “Semua anggota klub sangat menyukai mie ayam kantin Pak Husein.” Kalimat no empat tidak ada kaitannya sama sekali dengan wangsit pokok yang ada dalam paragraf tersebut.(materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-20162017-bahasa)

BACA JUGA
SOAL DAN PEMBAHASAN UN 2016/2017 TENTANG KALIMAT TIDAK PADU KLIK materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-20162017-bahasa



12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-20162017-bahasa 
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-20162017-bahasa 
23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai Isi Teks Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-20162017-bahasa 
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-20162017-bahasa 
28. Alasan Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-20162017-bahasa 
0 Komentar untuk ": Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia 2017/2018 Sma/Ma Nomor 18: Kalimat Tidak Padu"

Back To Top