Berikut disajikan materi persiapan UN 2018/2019 tingkat SMP/MTs. mata pelajaran bahasa Indonesia mencakup kisi-kisi, soal, pembahasan, dan ringkasan materi.
Kisi-kisi terdiri atas lima ruang lingkup materi, yaitu membaca nonsastra, membaca sastra, menulis terbatas, menyunting kata, kalimat, dan paragraf, dan menyunting ejaan dan tanda baca.
Kisi-kisi diberikut disusun menurut kisi-kisi UN 2017/2018 dan soal UNKP Bahasa Indonesia SMP/MTs. tahun pelajaran 2017/2018
A. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA NON SASTRA
1. Menentukan makna kata/kalimat pada teks
2. Menentukan informasi tersurat teks
3. Menentukan kepingan teks/Kalimat utama paragraf
4. Menentukan inspirasi pokok
5. Menyimpulkan isi teks
6. Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
7. Meringkas isi teks
8. Membandingkan penerapan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks
9. Menilai keunggulan/kelemahan teks
10. Mengomentari isi teks
1. Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
2. menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
3. menentukan kepingan cerpen dan fabel
4. Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
5. menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fable
6. Menyimpulkan sebab/akibat konflik
7. Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
8. Membandingkan penerapan bahasa cerpen/fabel
9. menunjukkan bukti latar dan watak
10. Mengaitkan isi dengan kehidupan dikala ini
11. mengomentari unsur intrinsik karya sastra
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
1. melengkapi istilah/kata dalam kalimat
2. menyusun urutan kalimat banyak sekali jenis teks
3. melengkapi paragraf
4. melengkapi kepingan teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
5. Memvariasikan kata
6. Memvariasikan kalimat
7. menulis dengan ilustrasi tertentu
8. Mengubah teks ke bentuk lain
D. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
1. menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
2. menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
3. menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
4. mengisi konjungsi dalam kalimat
5. Memperbaiki kesalahan penerapan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraph
6. menentukan alasan kesalahan penerapan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
E. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
1. Menunjukkan kesalahan penerapan ejaan
2. Menunjukkan kesalahan penerapan tanda baca
3. Menggunakan ejaan
4. Menggunakan tanda baca
5. Memperbaiki kesalahan penerapan ejaan
6. Memperbaiki kesalahan penerapan tanda baca
SOAL DAN PEMBAHASAN
SOAL UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Bacalah teks Berikut!
Upaya mewujudkan lingkungan yang sehat ditempuh dengan bermacam-macam upaya. Pertama, diharapkan upaya persuasif untuk mempersembahkan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan yang sehat. Kedua, perlu ditunjukkan pola kasatmata tugas lingkungan sehat dalam kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap kegiatan menjaga lingkungan biar tetap membersihkan dan sehat.
Makna kata persuasif pada teks tersebut adalah…
A. meyakinkan melalui cara membujuk
B. Memdiberi tahu dengan cara kekerasan
C. meyakinkan dengan mempersembahkan ceramah
D. mempersembahkan imbauan menuju kebaikan
2. Bacalah teks Berikut
(1) Ajakan Pemerintah Provinsi DKI untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta menimbulkan perdebatan di masyarakat. (2) Kehadiran masyarakat untuk bermain permainan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. (3) Namun demikian, muncul kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif dari permainan itu.
Maksud kalimat nomor (1) pada teks tersebut adalah
A. Masyarakat DKI sangat antusias menyambut permainan Pokemon Go
B. Permainan Pokemon Go sanggup dilakukan di Balai Kota Jakarta saja.
C. Tidak tiruana masyarakat sepakat dengan usul untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta.
D. Pemerintah DKI Jakarta melarang masyarakat untuk bermain Pokemon Go di balai Kota Jakarta.
3. Bacalah teks Berikut!
Dalam sebuah penelitian tentang minat baca, spesialuntuk 22% responden yang menyukai buku digital. Sebagian besar responden lebih menyukai buku cetak meskipun buku digital mempunyai beberapa unggulan. Selain alasan kenyamanan mata pada dikala membaca, sedikitnya judul buku dalam versi digital juga menjadi alasan responden lebih menyukai buku cetak.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah…
A. Kenyamanan mata dalam membaca menjadi alasan menentukan buku digital.
B. Hanya sebagian kecil responden menyukai buku digital.
C. Buku digital mempunyai banyak keunggulan daripada buku cetak.
D. Koleksi buku digital sangat cantik sehingga disukai oleh responden.
4. Bacalah teks diberikut!
(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) Masing-masing pihak mempunyai tugas yang tidak sama-beda. (3) Meskipun terasa berat, tiruana bekerjsama demi terwujudnya masyarakat sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca masyarakat sekolah sangat rendah.
Kalimat yang menyatakan hubungan perperihalan pada teks tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1) B. (2)
C. (3)
D. (4)
5. Bacalah paragraph diberikut!
Seseorang akan diuji dengan apa yang ia miliki. Ketika mempunyai ilmu, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya memanfaatkan ilmu. Ketika mempunyai harta, ia akan diuji dengan keikhlasannya mendistribusikan hartanya untuk orang lain. Di dikala menduduki jabatan, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya mempertanggungjawabankan wewenang yang diembannya.
Ide pokok paragraf tersebut adalah….
A. ujian hidup seseorang
B. kebahagiaan keluarga
C. seseorang mempunyai harta
D. tanggung tanggapan wewenang
6. Bacalah paragraf diberikut!(1) Terkena serangan jantung ialah pembunuh utama di dunia. (2) Banyak faktor yang membuat seseorang terkena serangan jantung. (3) Salah satu di antaranya ialah tingginya kolesterol dalam tubuh. (4) Jumlah lemak yang dikonsumsi juga menjadi salah satu dari beberapa pemicu kolesterol.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
4. (4)
7. Bacalah teks diberikut!Bagi anak-anak, bermain ialah acara yang sangat bahagia. Selain itu, bermain sanggup dipakai untuk melatih otak si kecil biar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal ini sanggup diibaratkan otot, kalau tidak dilatih tidak akan terbentuk. Permainan mempunyai banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan.
Simpulan isi teks tersebut ialah ….
A. Bermain tak punya kaitan dengan kecerdasan anak. B. Setiap anak usia perkembangan perlu didiberikan permainan.
C. Permainan sanggup mempengaruhi kondisi emosional anak.
D. Permainan spesialuntuk membuat anak menjadi senang semata.
8. Bacalah teks diberikut! Karakter ialah kunci keberhasilan individu. Karakter ialah nilai-nilai sikap insan yang bekerjasama dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan. Hal tersebut terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan. Perbuatan atau sikap insan tersebut menurut norma-norma agama, hukum, tata karma, budaya, dan budbahasa istiadat.
Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tidak spesialuntuk diterapkan di sekolah, tetapi di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak spesialuntuk anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar lantaran berkhasiat untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudakah kalian menyadari?
Ringkasan teks tersebut ialah …
A. Kunci keberhasilan individu ialah pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial.
B. Karakter ialah kunci keberhasilan individu yang penting bagi pelajar pada usia dini hingga remaja.
C. Pendidikan karakter diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial lantaran kunci keberhasilan.
D. Karakteristik ialah kunci keberhasilan individu sehingga pendidikan karakter penting bagi pelajar.
9. Bacalah kedua teks diberikut!
Teks I | Teks II |
Pensiun ialah masa seseorang berhenti bekerja. Banyak yang mengalami syndrome dikala mendekati pensiun. Makanya sebelum pensiun didiberi wetidakboleh doloe | Upaya pembenahan transportasi publik terus dilakukan. Selain menambah jaenteng rute bus, juga memperbaiki sistemnya. |
Perbedaan penerapan bahasa pada kedua teks tersebut adalah...
Teks I | Teks II | |
A | kata tidak baku | kata-kata baku |
B | istilah asing | menggunakan ungkapan |
C | bahasa resmi | bahasa sehari-hari |
D | kalimat tunggal | kalimat majemuk |
10. Bacalah kedua kutipan dongeng diberikut!
Kutipan I | Kutipan II |
“Cepat naik!” “Tidak biarkan saya sendiri…!” “Kamu tidakboleh gila, ini tengah malam, engkau mau naik apa? Apakah engkau akan berjalan kaki hingga kos?” Aku terus berjalan. Kurasakan air mataku berderai membasahi pipi. Hatiku sudah terlanjur sakit… | Sebelum jam 5, Min sudah berkemas. Kira-kira setengah jam kemudian ia nampak mirip astronot siap ke angkasa. Jaket, helm, dan handuk kecil menjadi kostum resminya. Jam setengah enam, pelanggan ojek pertamanya ialah Rusmi, bakul sayuran di Pasar Legi. Hampir tiruana langganan ojeknya ialah pedagang sayur. Sekita jam 9, Min gres nongkrong di pertamaan ojek hingga sore. |
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan dongeng tersebut ialah dimulai dengan….
Kutipan I | Kutipan II | |
A | latar cerita | aksi tokoh |
B | aksi tokoh | masalah yang harus diselesaikan |
C | garis besar cerita | aksi tokoh |
D | aksi tokoh | garis besar cerita |
11. Bacalah kutipan dongeng diberikut!
Nasib orang tidak pernah diduga. Benar kata orang bijak, jodoh, mati, senang dan celaka, itu diam-diam Tuhan. Manusia spesialuntuk bisa diberikhtiar, tetapi Sang Kuasa yang menentukan. Namun, bukan berarti harus pasrah. Berusaha ialah Jalan terbaik. Bahkan, disukai Tuhan. Banyak orang yang tadinya biasa saja, tiba-tiba sehabis sekian waktu jadi orang luar biasa. Ketua RT yang tiga tahun mengabdi itu sudah menjadi orang penting di perusahaan yang sudah bangun bertahun lamanya. Ia tengah dipercaya menjadi asisten pimpinan perusahaan itu. Makna ungkapan asisten pada kutipan dongeng tersebut adalah….
A. orang keakungan
B. orang kepercayaan
C. orang kebanggaan
D kekeluargaan
12. Bacalah kutipan dongeng diberikut!
Di sekolah mereka, anakdidik-anakdidik sedang heboh terkena wangi bunga yang menyengat dikala jam istirahat.“Wangi apaan nih?’
“Ha…kok wanginya kayak melati.”
“Aku heran dari mana sih hadirnya wangi melati ini.”
“Gimana kalau kita cari tau dari mana asalnya wangi melati ini, Setuju gak?” tanya Keisha.
Mereka berencana menyusun taktik yang akan dilakukan nanti malam.
Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan dongeng tersebut ialah ….
A. Di kelas Keisha ada bunga melati.B. Murid-anakdidik menyenangi wangi bunga melati.
C. Murid-anakdidik mendiskusikan cara merawat bunga melati.
D. Keisha dan kawan-kawan ingin mencari sumber wangi di kelasnya.
……………
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Menentukan Makna Istilah Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
3. Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
4. Kalimat Hubungan Perperihalan Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
5. Ide Pokok Paragraf Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
6. Kalimat Utama Paragraf Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
7. Kalimat Simpulan Paragraf Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
8. Ringkasan Teks Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
9. Perbandingan Penggunaan Bahasa Dua Teks Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
10. Pola Pengembangan Cerita Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
11. Menentukan Makna Istilah Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
12. Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik materiputihabuabu.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
SOAL DAN PEMBAHASAN PER INDIKATOR LENGKAP
SOAL UN 2016/2017
- Pertanyaan yang jawabanannya ada pada teks
- Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
- Makna kata dalam teks
- Ide pokok paragraf
- Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat hubungan alasannya ialah akibat
- Kalimat yang memperlihatkan (bukti) tabiat tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks prosedur
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai moral dua teks fabel
- Membandingkan penerapan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Teknik memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan kepingan alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penerapan kata yang salah
- Penulisan karakter kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penerapan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penerapan tanda baca
Tag :
UN SMP
0 Komentar untuk "Kisi-Kisi, Soal, Dan Pembahasan Persiapan Un 2018/2019 Smp/Mts Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"