Tanya Jawab Permasalahan Data Dapodik


Tanya Jawab Seputar Permasalahan Data Dapodik.

Pengisian Data Dapodik (Data Sekolah, Data Peserta Didik, dan Data PTK) hingga ketika ini masih terus berlangsung. 

Beberapa sekolah ada yang mengalami kesusahan dalam meng-update data. Hal ini ditengarai disebabkan oleh:

1.    Permasalahan ada di Server Derektorat P2TK Dikdas dalam mendapatkan pengiriman data, lantaran ada beberapa proses/beberapa server yang dilalui sebelum masuk ke database Dapodik Pusat

2.    Permasalahan ada pada Operator Daposik Sekolah, sebagian besar tiap sekolah menemui permasalahan yang tidak sama.

Untuk permasalahan No.2.  Derektorat P2TK Dikdas menerbitkan “Tanya Jawab” secara umum yang dirangkum dari berbaga pertanyaan yang dikirim melalu Email.
Di bawah ini yakni "SALINAN" dari materi tanya balasan tersebut


Tanya Jawab Permasalahan Data dapodik

1.        Pertanyaan: "Kenapa Data "Total JJM Sesuai" saya tidak sama dengan yang diinput via Dapodik ??"
Jawaban: Berikut penjelasannya: 

(2) Data JJM ada 3 jenis JJM (inputan sekolah), JJM KTSP (JJM terinput dgn batasan terbaik KTSP), dan JJM Sesuai/Linier (JJM yg dibatasi KTSP, yang sesuai dengan sertifikasinya)
3) misal perhitungan: Jika seorang Guru mengajar pelajaran Guru Kelas SD (kelas 1) diinput mengajar 30 jam, berdasarkan KTSP 26 jam. Maka JJMnya dianggap 26 jam, kalau sertifikasinya Guru SD. Jika belum sertifikasi atau sertifikasinya selain Guru Kelas SD, maka JJM liniernya dianggap 0.

2.        Pertanyaan: "Tolong update data aku, diberikut filenya (word/excel/backup aplikasi dapodik)."
Jawaban: Mohon update data anda pribadi melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi Kepala Sekolah/ Operator Dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data sudah dikirim, tunggu beberapa waktu hingga proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana sudah terjadi pada guru2 lainnya. Akan percuma kalau kami update data anda di sistem kami lantaran nanti akan tertimpa lagi oleh data dari dapodik.

3.        Pertanyaan: "Saya sudah input data isyarat sertifikasi, mengapa masih invalid di nomer 17 ?"
Jawaban: Sesuai kebijakan, data sertifikasi kami ambil dari basis data Kelulusan Sertifikasi yang diterbitkan Pusbangprodik BPSDMP & PMP. Kode bidang studi yang ditampilkan diambil dari Nomor Peserta Kelulusan Sertifikasi (digit ke 7, 8 , 9). Kode invalid sanggup terjadi kalau : 1) Pengisian Kode NUPTK di Dapodik belum benar. 2) Ada kesalahan NUPTK atau Nomor Peserta di data Kelulusan Solusinya yakni memperbaiki NUPTK di data Dapodik, atau memperbaiki Data Kelulusan melalui operator Aplikasi Tuntidakboleh P2TK Dikdas di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.

4.        Pertanyaan: "Saya tidak sanggup login katanya salah password"
Jawaban: Isi password dengan format YYYYMMDD, contoh: kalau tgl lahir anda 12 April 1963 passwordnya: 19630312. Jika masih salah, berarti data tgl lahir anda salah input di dapodik ada yang terbalik misal tgl diatas menjadi 19631203 atau masih kosong dsb. Silakan cek ke operator dapodik bapak/ibu.

5.        Pertanyaan: "Saya tidak sanggup login katanya NUPTK tidak ditemukan"
Jawaban: Data dgn NUPTK tsb belum kemungkinan masuk database, atau salah input. Mohon update data anda melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi kepala sekolah/ operator aplikasi dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data sudah dikirim, tunggu beberapa waktu hingga proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data anda akan sanggup login dengan sendirinya.

6.        Pertanyaan: "Jumlah Jam mengajar saya kosong terus/salah"
Jawaban: Data mengajar ada di modul rombel di Aplikasi Pendataan. Mohon update data tsb. Khusus untuk kepala sekolah, diambil data jam kiprah komplemen dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada ketika penambahan PTK di kolom kiprah ptk.

7.        Pertanyaan: "Saya sudah update data via dapodik tapi belum masuk2 di cek guru"
Jawaban: Ada beberapa server & proses yang dilalui oleh data sebelum masuk database PTK. Jika data sudah dikirim, mohon tunggu beberapa waktu hingga proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana sudah terjadi pada guru2 lainnya.

8.        Pertanyaan: "Masa kerja saya masih salah, sehingga penghasilan pokok juga salah"
Jawaban: Karena keterbatasan formulir Dapodik, data SK terencana dan data MKG tidak sanggup kami dapatkan sehingga kami menghitung dari TMT Pengangkatan dan/atau TMT PNS. Tentu saja ini belum memperhitungkan faktor honorer/CPNS dll ataupun sistim perhitungan masa kerja segaris. Ke depan kami akan berhubungan dengan BKN sehingga sanggup diperoleh data yang paling akurat.

9.        Pertanyaan: "Saya belum punya NUPTK bagaimana mendapatkannya"
Jawaban: Sistem NUPTK ketika ini dikelola oleh BPSDMP dan PMP

10.      Pertanyaan: "Sekolah saya ingin terdaftar Dapodik bagaimana caranya?"
Jawaban: Coba hubungi KK Datadik kab/kota anda untuk menolongan.


Sumber : http://116.66.201.163:8083/info_faq.php
Tag : DAPODIK
0 Komentar untuk "Tanya Jawab Permasalahan Data Dapodik"

Back To Top