Pedoman Dan Teladan Deskripsi Pengetahuan Pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi



PEDOMAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENGETAHUAN PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI
Pedoman: Deskripsi pengetahuan meliputi kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh penerima didik dan/atau kompetensi yang masih perlu ditingkatkan. 
misal deskripsi: “Memiliki kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi, namun perlu peningkatan kemampuan menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.”
Berikut pola tabel pengolahan evaluasi pengetahuan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X semester I.
Keterangan:
1. Penilaian harian dilakukan oleh guru dengan cakupan meliputi seluruh indikator
dari satu kompetensi dasar
2. Penilaian final semester ialah acara yang dilakukan oleh satuan pendidikan
untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik pada final semester.
Cakupan evaluasi meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan tiruana KD
pada semester tersebut
3. KD 3.1 dilakukan tagihan evaluasi sebanyak 3 kali yang terdiri atas PH dua kali
dan PAS satu kali, maka nilai pengetahuan pada KD 3.1



4. Nilai final rapor




5. Deskripsi meliputi kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh penerima didik dan/atau kompetensi yang masih perlu ditingkatkan. Pada nilai di atas yang kuasai penerima didik yaitu KD 3.4 dan yang perlu ditingkatkan pada KD 3.2.

misal deskripsi: “Memiliki kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi, namun perlu peningkatan kemampuan menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.”

Rujukan
Hatikah, Tika dkk. 2018. Bahasa Indonesia SMA: Modul Petes Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengan Atas Tahun 2018. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


RAMBU-RAMBU/PEDOMAN PENYUSUNAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENCAPAIAN SIKAP, NILAI PENGETAHUAN, DAN NILAI KETERAMPILAN  PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

A. Rambu-Rambu Pencapaian Sikap

1. Deskripsi perilaku terdiri atas perilaku yang sangat baik dan/atau perilaku kurang baik yang memerlukan training dan pembimbingan.

2. Deskripsi perilaku memakai kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya: ... tetapi masih perlu peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu bimbingan dalam hal ...


B. Pedoman Deskripsi pengetahuan

Pedoman: Deskripsi pengetahuan meliputi kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh penerima didik dan/atau kompetensi yang masih perlu ditingkatkan.


A. Pedoman Deskripsi Nilai Keterampilan

Deskripsi nilai keterampilan menurut nilai KD yang menonjol menurut pencapaian KD pada KI-4 selama satu semester.




0 Komentar untuk "Pedoman Dan Teladan Deskripsi Pengetahuan Pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi"

Back To Top