MELENGKAPI PARAGRAF DESKRIPSI
47. Cermati paragraf diberikut!
Ia mencatat anakdidik yang menunggak, menutup buku, kemudian meregangkan tubuh sambil menguap. Buku dimasukkan ke laci dan dan mengeluarkan bungkusan dari situ. Ia keluar, pergi ke tepian pertama jembatan. … Guru tak menduga bahwa kawasan ilalang sanggup ditaklukkan begitu rupa.
Kalimat deskriptif yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut yakni . . .
A. Mereka kenal pada Guru, namun Guru tak mengenal mereka satu per satu spesialuntuk tahu bahwa mereka ialah tentara, yang ditempatkan sebanyak satu kompi di situ.
B. Sejak zaman Belanda ia sudah menjadi Guru, beberapa kali menjadi pengurus organisasi, jadi penghulu, tetapi belum pernah cukup untuk membeli sawah.
C. Semakin banyak orang yang mencontoh beliau membuka kebun karet dan cengkeh di sini akan semakin jauh penduduk Tinjau Laut mencari perhumaan.
D. Mereka lampau meninggalkan kawasan perhumaan kemudian mereka pergi ke kawasan pegunungan alasannya yakni ingin mencari kehidupan yang layak.
E. Semak ilalang bersahabat jembatan yang doloe banyak ditumbuhi cerek-cerek, sejenis flora pemakan serangga, sekarang sudah dibentuk huma.
Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Teks deskripsi yakni teks yang bertujuan menggambarkan suatu objek atau suatu peristiwa. Teks di atas menggambarkan suasana sekolah dan lading/lahan pertanian.
Untuk melengkapi paragraf deskripsi yang rumpang haruslah menentukan kalimat yang berafiliasi dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Kata-kata kunci untuk melengkapi paragraf tersebut terdapat pada kalimat sebelumnya yaitu ke tepian pertama jembatan dan kata ilalang pada sesudahnya. melaluiataubersamaini mencermati isi kalimat sebelum dan sesudahnya maka kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut yakni Semak ilalang bersahabat jembatan yang doloe banyak ditumbuhi cerek-cerek, sejenis flora pemakan serangga, sekarang sudah dibentuk huma. (opsi E).
RINGKASAN MATERI
MELENGKAPI TEKS DESKRIPSI
Teks deskripsi yakni teks yang bertujuan mempersembahkan citra atau kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. melaluiataubersamaini karangan ini, pembaca sanggup dibentuk seperti melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam insiden yang diuraikan penulis baik secara indera, logika, maupun emosi.
Langkah-langkah melengkapi teks deskripsi
1. Cermati jenis teks dan tujuan teks. Teks deskripsi bertujuan menggambarkan suatu objek. Kalimat-kalimat dalam teks deskripsi meliputi kata-kata yang bertujuan menggambarkan objek secara terperinci.
2. Cermati isi kalimat sebelum dan sehabis bab yang rumpang. Perhatikan pilihan kata yang digunakan
3. Pilihlah kalimat yang berafiliasi dengan kalimat sebelum dan sehabis bab yang rumpang.
misal teks deskripsi
Musim semi sudah datang dan salju mencair di ladang-ladang dan lembah-lembah. Salju di atas puncak-puncak pegunungan secara berangsur-angsur mencair dan menggenangi jalan-jalan setapak yang berliku-liku menuju ke dalam lembah ngarai, bergabung dengan sebuah fatwa air yang deras dan berdebur mengatakan kesadaran alam
misal soal melengkapi teks deskripsi.
1. Cermati paragraf deskripsi diberikut!
Sungai Bengawan Solo saat ini airnya berwarna cokelat. Sampah plastik dan sampah rumah tangga lainnya bertebaran di badan sungai. Di pinggir sungai tersebut berdiri pula industri yang menggelontorkan limbah ke sungai. ….
Paragraf deskripsi tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat ….
A. Di beberapa titik, bau menyengat pun tercium.
B. Penduduk di bantaran sungai sering memmembuang sampah ke sungai itu.
C. Air sungai itu pun digunakan untuk mencuci dan mandi.
D. Pemmembuangan limbah ke sungai itu dapat mengancam lingkungan.
E. Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan kita.
2. Bacalah paragraf diberikut!
Rumah bambu itu cukup jauh masuk dari jalan utama. Selain sempit sekali (3 x 3,5 meter) rumah itu juga sangat sederhana. Sebuah dipan lengkap dengan kelabubu anti nyamuk dan kipas angin kecil tertata apa adanya. [....] Kursi itu biasa dipakai Sudiharjo melihat-lihat sekitar rumah. Satu peralatan lagi yang selalu bersahabat dengan Sudiharjo yakni pispot dan alat menolong jalan (kerk). Semua peralatan tersebut harus selalu tersedia biar Sudiharjo sanggup beraktivitas.
Kalimat sempurna untuk melengkapi bab rumpang dalam paragraf deskripsi tersebut yakni ...
A. Sebuah dingklik roda tergeletak di luar kamar.
B. Sebuah dingklik roda diletakkan di luar kamar.
C. Sebuah dingklik roda teronggok di luar kamar.
D. Sebuah dingklik roda didudukkan di luar kamar.
E. Sebuah dingklik roda tersimpan di luar kamar.
3. Bacalah paragraf diberikut dengan saksama!
Pantai Pasir Padi menyajikan pemandangan pantai yang memesona. Lautnya yang membiru dan berpasir putih membersihkan memanjang sejauh mata memandang. melaluiataubersamaini ombak bahari yang tenang, wisatawan sanggup berjemur, mandi, atau berenang di pantai ini. [ . . . ] Dua pulau ini terletak lebih kurang 2 mil dari bibir pantai.
Kalimat sempurna untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut yakni ....
A. Di Pulau Panjang wisatawan sanggup melihat kesibukan para nelayan.
B. Wisatawan sanggup membeli dan menikmati hasil tangkapan ikan.
C. Pulau Semajun ialah pulau kecil yang tidak berpenghuni.
D. Para wisatawan akan selalu kembali menikmati pemandangan pantai yang indah.
E. Wisatawan juga sanggup berlayar menuju Pulau Panjang atau Pulau Semajun.
Tag :
UN 2018/2019 SMA
0 Komentar untuk "Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Sma/Ma Tahun 2018 Nomor 47: Melengkapi Paragraf Deskripsi"