Persiapan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013



Guru dalam Kurikulum 2013
Guru SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan SMK
Guru mempunyai kiprah besar di dalam  proses pembelajaran pada setiap pergantian kurikulum.
Setidaknya ada empat aspek kompetensi guru yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi pelaksanaan kurikulum 2013.


1.    Pertama, kompetensi guru dalam pemahaman substansi materi ajar; kompetensi pedagogik.  Didalamnya terkait dengan metodologi pembelajaran, yang nilainya pada pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) gres mencapai rata-ratanya 44,46.

2.    Kedua, kompetensi akademik (keilmuan), ini juga penting, sebab guru bergotong-royong mempunyai kiprah untuk bisa mencerdaskan akseptor didik dengan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya. jikalau tidak, maka akseptor didik tidak akan mendapatkan ilmu pengetahuan apa-apa.

3.    Ketiga, kompetensi sosial. Guru sebaiknya mempunyai kompetensi sosial, sebab ia tidak spesialuntuk dituntut cerdas dan bisa memberikan materi keilmuannya dengan baik, tapi juga dituntut untuk secara sosial mempunyai komptensi yang memadai, baik terhadap mitra sejawat, akseptor didik maupun lingkungannya.

4.    Keempat, kompetensi manajerial atau kepemimpinan. Pada diri gurulah bergotong-royong terdapat teladan, yang diperlukan sanggup dicontoh oleh akseptor didiknya. Seperti pada slogan pendidikan: Ing ngarso sung tulodho, Ing madyo mangun karso dan Tutwuri handayani

Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diperlukan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemungkinan terjadinya perubahan.

Kesiapan guru sangat penting, sebab dalam tujuan kurikulum 2013, diantaranya mendorong akseptor didik bisa lebih baik dalam melaksanakan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan - mempresentasikan, apa yang mereka peroleh sehabis mendapatkan materi pembelajaran.

Dikutip dari
Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/


Melihat informasi di atas tampak terang kiprah guru  memang cukup berat. Apakah pemerintah merasa sudah terlalu besar mempersembahkan Gaji Guru  (?????)
0 Komentar untuk "Persiapan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013"

Back To Top