Dua Orang Pengembara Dan Seekor Beruang


Dua Orang Pengembara dan Seujung Beruang

By : Aesop
Sumber : http://www.ceritakecil.com/cerita-dan-dongeng/Dua-Orang-Pengembara-dan-Seujung-Beruang-59



Dua orang berjalan mengembara tolong-menolong melalui sebuah hutan yang lebat. Saat itu tiba-tiba seujung beruang yang sangat besar keluar dari semak-semak di bersahabat mereka.
Salah satu pengembara, spesialuntuk memikirkan keselamatannya dan tidak menghiraukan kawannya, memanjat ke sebuah pohon yang berada bersahabat dengannya.

Pengembara yang lain, merasa tidak sanggup melawan beruang yang sangat besar itu sendirian, melemparkan dirinya ke tanah dan berbaring diam-diam, seperti beliau sudah meninggal. Dia sering mendengar bahwa beruang tidak akan menyentuh binatang atau orang yang sudah meninggal.

Temannya yang berada di pohon tidak berbuat apa-apa untuk menolong kawannya yang berbaring. Entah hal ini benar atau tidak, beruang itu sejenak mengendus-endus di bersahabat kepalanya, dan kelihatannya puas bahwa korbannya sudah meninggal, beruang tersebutpun berjalan pergi.

Pengembara yang berada di atas pohon kemudian turun dari persembunyiannya.

"Kelihatannya seperti beruang itu membisikkan sesuatu di telingamu," katanya. "Apa yang di katakan oleh beruang itu"

"Beruang itu berkata," kata pengembara yang berbaring tadi, "Tidak bijaksana berjalan tolong-menolong dan berkawan dengan seseorang yang membiarkan dan tidak menghiraukan kawannya yang berada dalam bahaya."

Kemalangan dapat menguji sebuah perteman dekatan.


Menurut kalian mana yang lebih utama, keselamatan atau perteman dekatan ??????
Berikan komentar kalian ..........

0 Komentar untuk "Dua Orang Pengembara Dan Seekor Beruang"

Back To Top