Membangun Harga Diri Dan Kepribadian Anak


Anak anak yaitu generasi yang sedang tumbuh. Ia sanggup tumbuh besar, dan besar sekali, melebihi dari kita ini. Demikian pentingnya menanamkan  kepribadian semenjak usia dini biar mereka mempunyai dan sikap yang baik kelak sehabis dewasa.

Membangun kepribadian seorang anak biasanya dimulai dari masa kanak kanak di lingkungan rumah, sehingga orang renta mempunyai tanggung balasan besar dalam pembentukan harga diri (self esteem) sang anak.

Beberapa tips untuk membangun harga diri dan kepribadian pada anak,:
(dikutip dari beberapa media)

* Menjadi pendengar yang baik:. Sesibuk apa pun, diberikan sebagian waktu untuk bersama belum dewasa setiap hari. Tinggalkan tiruana pekerjaan, duduk dan bicaralah dengan anak Anda ibarat halnya Anda berbicara dengan orang dewasa..

* Memdiberikan pujian: Anak anak sering untuk mengatakan suatu keahlian atau hasil ujian yang diperolehnya di sekolah. Berikan kebanggaan untuk karyanya, namun tidakboleh berlebihan.

* Tidak mem-banding-kan: Orang renta sering membandingkan satu anak dengan anak lain atau tetangga dengan maksud bahwa anak sanggup berubah dan menjadi ibarat yang diharapkan. Teknik ibarat ini sanggup mengarah ke pembentukan perasaan rendah diri pada anak anak.

* Memdiberikan Koreksian: Kritik yang keras selalu membawa hasil yang merugikan. MengKoreksi hendaknya dilakukan dengan kata-kata yang halus biar tidak menyinggung perasaannya.

* Menjadi pola tauladan: Anak-anak umumnya cenderung mengamati sikap dan sikap siapa saja termasuk orang tuanya. Perilaku yang baik akan menjadi panutan yang baik pada anak-anak.

Sumber: Koran Kompas

0 Komentar untuk "Membangun Harga Diri Dan Kepribadian Anak"

Back To Top