Mengenal Kelompok Bermain,Tk Dan Ra


Kelompok Bermain,Taman Kanak Kanak (TK) dan Raudatul Athfal (RA) – Sekolah Formal Di Indonesia

Kelompok Bermain
Kelompok bermain yaitu pendidikan non formal untuk anak usia dini yang usianya di bawah lima tahun (Balita). Kelompok Bermain biasanya diselenggarakan pada siang hari dan dikelola oleh swasta.

Jenis acara dalam Kelompok Bermain umumnya diisi dengan bermain dengan mainan sendiri atan mainan yang ada di KB/Plya Group tsb, makan bersama, pulas siang dll. yang sifatnya  spontan (improvisasi) tanpa terprogram.

Banyak para hebat yang memdiberi pernyataan bahwa: Kelompok bermain dipercaya sanggup mempersembahkan stimulasi yang baik untuk berbagi intelegensi, kemampuan sosial, dan kematangan motorik anak.


Taman Kanak Kanak (TK)
Taman Kanak Kanak (TK) yaitu pendidikan untuk anak usia dini yaitu usia antara 5,6 tahun. Biasanya belum dewasa gres sanggup menamatkan Taman Kanak-kanak setelah usianya cukup 6 tahun atau memasuki usia 7 tahun, jika belum cukup usia tersebut masih mengulang berguru di TK, dan belum melanjutkan di SD/MI.

Taman Kanak Kanak (TK) terdapat 2 jenjang sekolah yaitu
1.  Taman Kanak Kanak (TK) Nol Kecil (lama pendidikan 1 tahun)
2.  Taman Kanak Kanak (TK) Nol Besar (lama pendidikan 1 tahun)

Pelajaran yang didiberilan di Taman Kanak Kanak (TK):
1.   Agama,
2.   Budi bahasa, adab sopan santun (adat masyarakat Indonesia dan tempat setempat)
3.   Bernyanyi, Menari
4.   Bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, keluarga dan mitra sepermainan
5.   Keterampilan sederhana.

Ada juga Taman Kanak Kanak (TK) yang mempersembahkan pelajaran tambahan
6.   Menggambar
7.   Berhitung
8.   Membaca (mengenal huruf dan ejaan),

Tujuan Taman Kanak Kanak (TK) yaitu mengenalkan adat budaya masyarakat, mengenalkan pengetahuan secara dini, dan merangsang kreatifitas melalui pendekatan nilai kecerdikan bahasa, agama, sosial, emosional, fisik, motorik, kognitif, bahasa, seni, dan kemandirian.


Raudatul Athfal (RA)
Raudatul Athfal (RA) yaitu jenjang pendidikan yang setara dengan Taman Kanak Kanak (TK). yang dikelola Departemen Agama (Depag). Lama berguru dan mata pelajaran yang didiberikan sama dengan Taman Kanak Kanak (TK), tetapi lebih serius pada unsur agama dengan menambah materi pelajaran agama.
0 Komentar untuk "Mengenal Kelompok Bermain,Tk Dan Ra"

Back To Top