Thursday, March 15, 2018
BAB III
BUKU RAPOR SMP BERDASARKAN KURIKULUM 2013
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 perihal Standar Penilaian Pendidikan sebut bahwa hasil evaluasi oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi kepada orang renta dan pemerintah.
Standar Penilaian Pendidikan pun sebut bahwa laporan hasil evaluasi oleh pendidik berbentuk:
1. Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi untuk hasil evaluasi kompetensi pengetahuan serta keterampilan termasuk evaluasi hasil pembelajaran tematik-terpadu.
2. Deskripsi sikap didiberikan untuk hasil evaluasi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.
3. Penilaian oleh masing-masing pendidik secara keseluruhan dilaporkan kepada orang tua/wali penerima didik dalam bentuk Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
Pengembangan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik intinya ialah wewenang sekolah yang dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Namun demikian, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar memandang perlu disusunnya Buku Panduan Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik dan Model Laporan Hasil Belajar Peserta Didik SMP untuk memmenolong sekolah menyebarkan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik.
Buku Petunjuk Teknis Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik dan Model Laporan Hasil Belajar Peserta Didik SMP dibutuhkan sanggup memmenolong sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam menyebarkan format Laporan Hasil Belajar Peserta Didik sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sudah disusun sekolah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 66 Tahun 2013 Bab II, Bagian E poin e nomor 1) dan 2) menyatakan bahwa evaluasi pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas laporan hasil evaluasi oleh pendidik yang berbentuk:
1. Nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil evaluasi kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk evaluasi hasil pembelajaran tematik-terpadu.
2. Deskripsi sikap, untuk hasil evaluasi kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.
Penilaian oleh pendidik dilaksanakan secara berkesinambungan (terus- menerus) untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan final semester, dan ulangan kenaikan kelas. Penilaian oleh pendidik intinya dipakai untuk menilai pencapaian kompetensi penerima didik, dasar memperbaiki proses pembelajaran, dan materi penyusunan laporan kemajuan hasil berguru penerima didik.
Laporan hasil berguru penerima didik ialah dokumen penghubung antara sekolah dengan orang renta penerima didik maupun dengan pihak-pihak lain yang berkepentingan untuk mengetahui kompetensi penerima didik. Oleh lantaran itu, laporan hasil berguru penerima didik harus komunikatif, informatif, dan komprehensif (menyeluruh) sehingga sanggup mempersembahkan citra terkena hasil berguru penerima didik dengan terang dan simpel dimengerti.
Direktorat Pembinaan SMP,Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, memandang perlu menerbitkan Buku Panduan Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik yang di dalamnya disajikan Model Rapor SMP, Petunjuk Teknis Pengelolaan Penilaian, dan Petunjuk Teknis Pengisian Rapor. Hal ini dilakukan untuk memmenolong para guru dalam satuan pendidikan melakukan pengisian laporan hasil berguru penerima didik dalam bentuk rapor.
0000
A. MODEL RAPOR SMP
CONTOH MODEL
LAPORAN
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP)
(SMP)
Nama Peserta Didik
|
NISN
|
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
REPUBLIK INDONESIA
LAPORAN
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP)
(SMP)
0000
Nama Sekolah : ___________________________________
NIS/NSS/NDS : ___________________________________
Alamat Sekolah : ___________________________________
___________________________________
Kode Pos ___________Telp.____________
Kelurahan : ___________________________________
Kecamatan : ___________________________________
Kota/Kabupaten : ___________________________________
Provinsi : ___________________________________
Website : ___________________________________
E-mail : ___________________________________
0000
PETUNJUK PENGGUNAAN
1. Buku Laporan Hasil Belajar ini dipergunakan selama penerima didik mengikuti pelajaran di SMP (SMP).
2. Apabila penerima didik pindah sekolah, buku Laporan Hasil Belajar dibawa oleh penerima didik yang bersangkutan untuk dipergunakan sebagai bukti pencapaian kompetensi.
3. Apabila buku Laporan Hasil Belajar penerima didik yang bersangkutan hilang, sanggup diganti dengan buku Laporan Hasil Belajar Pengganti dan diisi dengan nilai-nilai yang dikutip dari Buku Induk Sekolah asal penerima didik dan disahkan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
4. Buku Laporan Hasil Belajar penerima didik ini harus dilengkapi dengan pas foto ukuran 3 x 4 cm, dan pengisiannya dilakukan oleh wali kelas.
0000
KETERANGAN TENTANG DIRI PESERTA DIDIK
Nama Peserta Didik (Lengkap) : ....................................................
Nomor Induk : ....................................................
Tempat Tanggal Lahir : ....................................................
Jenis Kelamin : ....................................................
Agama : ....................................................
Status dalam Keluarga : ....................................................
Anak ke : ....................................................
Alamat Peserta Didik : ....................................................
Nomor Telepon Rumah : ....................................................
Sekolah Asal : ....................................................
11.Diterima di sekolah ini
Di kelas : ....................................................
Pada tanggal : ....................................................
Nama Orang Tua : ....................................................
a. Ayah : ....................................................
b. Ibu : ....................................................
Alamat Orang Tua : ....................................................
Nomor Telepon Rumah : ....................................................
Pekerjaan Orang Tua : ....................................................
a. Ayah : ....................................................
b. Ibu : ....................................................
Nama Wali Peserta Didik : ....................................................
Alamat Wali Peserta Didik : ....................................................
Nomor Telpon Rumah : ....................................................
Pekerjaan Wali Peserta Didik : ....................................................
Pas Foto 3 x 4 |
Kepala Sekolah,
NIP
0000
Nama Sekolah : _______________ Kelas : ______________
Alamat : _______________ Semester : 1 (Satu)
Nama : _______________ Tahun Pelajaran : ___________
Nomor Induk/NISN : _______________
CAPAIAN
MATA PELAJARAN | Pengetahuan (KI 3) | Keterampilan (KI 4) | Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1 dan KI 2) | |||||||
Dalam Mapel | Antarmapel | |||||||||
Kelompok A | | | SB/ B/ C/ K | Deskripsi | ||||||
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | Kesimpulan dari sikap keseluruhan dalam mapel diputuskan melalui rapat koordinasi bersama dengan guru mapel di kelas yang sama dan wali kelas. | ||||||||
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewargguagaraan | | | C | ||||||
3 | Bahasa Indonesia | | | B | ||||||
4 | Matematika | | | K | ||||||
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | | | C | ||||||
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | | | C | ||||||
7 | Bahasa Inggris | | | | ||||||
Kelompok B | | | | |||||||
1 | Seni Budaya | | | | ||||||
2 | Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan | | | | ||||||
3 | Prakarya | | | | ||||||
Kegiatan Ekstrakurikuler | Nilai | Keterangan |
1. Praja Muda Karana (Pramuka) | | |
2. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) | | |
3. ............. | | |
Ketidakhadiran |
Sakit : _____ hari |
Izin : _____ hari |
Tanpa Keterangan : _____ hari |
Mengetahui: ....................., ...............20......
Orang Tua/Wali, Wali Kelas,
. . . .
NIP ......................................
0000
Nama Sekolah : _______________ Kelas : ______________
Alamat : _______________ Semester : 1 (Satu)
Nama : _______________ Tahun Pelajaran : ___________
Nomor Induk/NISN : _______________
DESKRIPSI
MATA PELAJARAN | KOMPETENSI | CATATAN | |
Kelompok A | | | |
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | Pengetahuan | deskripsi capaian KD pada KI 3 |
Keterampilan | deskripsi capaian KD pada KI 4 | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | deskripsi capaian KD pada KI 1 dan KI 2 | ||
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewargguagaraan | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
3 | Bahasa Indonesia | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
4 | Matematika | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
7 | Bahasa Inggris | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | |
Kelompok B | | | |
1 | Seni Budaya | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
2 | Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
3 | Prakarya | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | |
Mengetahui: ....................., ...............20......
Orang Tua/Wali, Wali Kelas,
. . . .
NIP ......................................
0000
Nama Sekolah : _______________ Kelas : ______________
Alamat : _______________ Semester : 1 (Satu)
Nama : _______________ Tahun Pelajaran : ___________
Nomor Induk/NISN : _______________
CAPAIAN
MATA PELAJARAN | Pengetahuan (KI 3) | Keterampilan (KI 4) | Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1 dan KI 2) | ||
Dalam Mapel | Antarmapel | ||||
Kelompok A | | | SB/ B/ C/ K | Deskripsi | |
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | Kesimpulan dari sikap keseluruhan dalam mapel diputuskan melalui rapat koordinasi bersama dengan guru mapel di kelas yang sama dan wali kelas. | |||
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewargguagaraan | | | C | |
3 | Bahasa Indonesia | | | B | |
4 | Matematika | | | D | |
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | | | C | |
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | | | C | |
7 | Bahasa Inggris | | | | |
Kelompok B | | | | ||
1 | Seni Budaya | | | | |
2 | Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan | | | | |
3 | Prakarya | | | |
Kegiatan Ekstrakurikuler | Nilai | Keterangan |
1. Praja Muda Karana (Pramuka) | | |
2. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) | | |
3. ............. | | |
Ketidakhadiran |
Sakit : _____ hari |
Izin : _____ hari |
Tanpa Keterangan : _____ hari |
Mengetahui: ....................., ...............20......
Orang Tua/Wali, Wali Kelas,
. . . .
NIP ......................................
0000
Nama Sekolah : _______________ Kelas : ______________
Alamat : _______________ Semester : 1 (Satu)
Nama : _______________ Tahun Pelajaran : ___________
Nomor Induk/NISN : _______________
DESKRIPSI
MATA PELAJARAN | KOMPETENSI | CATATAN | |
Kelompok A | | | |
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | Pengetahuan | deskripsi capaian KD pada KI 3 |
Keterampilan | deskripsi capaian KD pada KI 4 | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | deskripsi capaian KD pada KI 1 dan KI 2 | ||
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewargguagaraan | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
3 | Bahasa Indonesia | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
4 | Matematika | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
7 | Bahasa Inggris | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | |
Kelompok B | | | |
1 | Seni Budaya | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
2 | Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | | ||
3 | Prakarya | Pengetahuan | |
Keterampilan | | ||
Sikap Spiritual dan Sosial | |
Orang Tua/Wali, ---------------------------- | | Keputusan: Berdasarkanhasil yang dicapai pada semester 1 dan 2, pesertadidikdiputuskan naikkekelas ( _______________) tinggal di kelas (________________) _____________20__ Kepala SMP ______________________________ _____________________________ NIP |
0000
KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
NAMA PESERTA DIDIK : __________________
KELUAR | |||
Tanggal | Kelas yang Ditinggalkan | Sebab-sebab Keluar atau Atas Permintaan (Tertulis) | Tanda Tangan Kepala Sekolah, Stempel Sekolah, dan Tanda Tangan Orang Tua/Wali |
| | | __________, ___________ Kepala Sekolah, NIP Orang Tua/Wali, |
| | | __________, ___________ Kepala Sekolah, NIP Orang Tua/Wali, |
| | | __________, ___________ Kepala Sekolah, NIP Orang Tua/Wali, |
0000
KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
NAMA PESERTA DIDIK : __________________
NO. | MASUK | ||
1 2 3 4 5 | Nama Peserta Didik Nomor Induk Nama Sekolah Masuk di Sekolah ini: Tanggal Di Kelas Tahun Pelajaran | _________________ _________________ _________________ _________________ _________________ _________________ | _______, _________ Kepala Sekolah, NIP |
1 2 3 4 5 | Nama Peserta Didik Nomor Induk Nama Sekolah Masuk di Sekolah ini: Tanggal Di Kelas Tahun Pelajaran | _________________ _________________ _________________ _________________ _________________ _________________ | _______,__________ Kepala Sekolah, NIP |
1 2 3 4 5 | Nama Peserta Didik Nomor Induk Nama Sekolah Masuk di Sekolah ini: Tanggal Di Kelas Tahun Pelajaran | _________________ _________________ _________________ _________________ _________________ _________________ | __________, _____ Kepala Sekolah, NIP. |
0000
Catatan Prestasi yang Pernah Dicapai
Nama Peserta Didik : ……………………………………………….
Nama Sekolah : ……………………………………………….
Nomor Induk : ……………………………………………….
No. | Prestasi yang Pernah Dicapai | Keterangan |
1 | Kurikuler | _________________________________________ _________________________________________ _________________________________________ _________________________________________ _________________________________________ ________________________________________ |
2 | Ekstra Kurikuler | _________________________________________ _________________________________________ _________________________________________ _________________________________________ _________________________________________ _________________________________________ |
3 | Catatan Khusus Lainnya | _________________________________________ _________________________________________ _________________________________________ _________________________________________ _________________________________________ _________________________________________ |
0000
B. PETUNJUK TEKNIS PENGELOLAAN PENILAIAN
Penilaian setiap mata pelajaran meliputi kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap.
Kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan memakai skala 1–4 (kelipatan 0.33), yang sanggup dikonversi ke dalam Predikat A - D, sedangkan kompetensi sikap memakai skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), danKurang (K), sepertipadaTabel 1 di bawahini.
Tabel 1 : Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap
PREDIKAT | NILAI KOMPETENSI | ||
PENGETAHUAN | KETERAMPILAN | SIKAP | |
A | 4 | 4 | SB |
A- | 3.66 | 3.66 | |
B+ | 3.33 | 3.33 | B |
B | 3 | 3 | |
B- | 2.66 | 2.66 | |
C+ | 2.33 | 2.33 | C |
C | 2 | 2 | |
C- | 1.66 | 1.66 | |
D+ | 1.33 | 1.33 | K |
D | 1 | 1 |
Penilaian yang dilakukan untuk mengisi laporan hasil belajar ada 3 (tiga) macam, yaitu:
1. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik)
b. Penilaian Pengetahuan terdiri atas:
1. Nilai Harian (NH)
2. Nilai Ulangan Tengah Semester (UTS)
3. Nilai Ulangan Akhir Semester (UAS)
c. Nilai Harian (NH) diperoleh dari hasil ulangan harian yang terdiri dari: tes tulis, tes lisan, dan penugasan yang dilaksanakan pada setiap final pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD).
d. Nilai Ulangan Tengah Semester (NUTS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan pada tengah semester. Materi Ulangan Tengah Semester meliputi beberapa aspek seluruh kompetensi yang sudah dibelajarkan hingga dengan ketika pelaksanaan UTS.
e. Nilai Ulangan Akhir Semester (NUAS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan di final semester. Materi UAS meliputi beberapa aspek seluruh kompetensi pada semester tersebut.
f. Penghitungan Nilai Pengetahuan diperoleh dari rata-rata Nilai Proses (NP), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS)/Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) yang bobotnya ditentukan oleh satuan pendidikan.
g. Penilaian Kompetensi pengetahuan sanggup menggunakan rentang nilai menyerupai pada tabel 2 untuk memmenolong guru dalam memilih nilai.
Tabel 2 : Rentang Nilai Kompetensi Pengetahuan
No. | Nilai | Predikat |
1 | 0,00 ˂ Nilai ≤ 1,00 | D. |
2 | 1,00 ˂ Nilai ≤ 1,33 | D+ |
3 | 1,33 ˂ Nilai ≤ 1,66 | C-. |
4 | 1,66 ˂ Nilai ≤ 2,00 | C |
5 | 2,00˂ Nilai ≤ 2,33 | C+ |
6 | 2,33 ˂ Nilai ≤ 2,66 | B- |
7 | 2,66 ˂ Nilai ≤ 3,00 | B |
8 | 3,00 ˂ Nilai ≤ 3,33 | B+ |
9 | 3,33 ˂ Nilai ≤ 3,66 | A- |
10 | 3,66 ˂ Nilai ≤ 4,00 | A |
h. Penghitungan Nilai Pengetahuan yakni dengan cara :
1. Menggunakan skala nilai 0 sd 100.
2. Menetapkan pembobotan dan rumus.
3. Penetapan bobot nilai diputuskan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan penerima didik.
4. Nilai harian dimasukankan untuk didiberi bobot lebih besar dari pada UTS dan UAS lantaran lebih mencerminkan perkembangan pencapaian kompetensi penerima didik.
5. Rumus:
6. misal : Pembobotan 2 : 1 : 1 untukNH : NUTS : NUAS (jumlah perbandingan pembobotan = 4
Siswa A memperoleh nilai pada Mata Pelajaran Agama dan Budi pekerti sebagai diberikut:
NH = 70,
NUTS = 60,
NUAS = 80
Nilai Rapor = {(2x70)+(1x60)+(1x80)} : 4
= (140+60+80) : 4
= 280: 4
Nilai Rapor = 70
Nilai Konversi = (70 :100) x 4 = 2,8 = Baik
Deskripsi = sudah menguasai seluruh kompetensi denganbaik namun masih perlu peningkatan dalam .... ( dilihat dari Nilai Harian yang kurang baik atau pengamatan dalam evaluasi proses ).
2. Penilaian Keterampilan
a. Penilaian Keterampilan dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik).
b. Penilaian Keterampilandiperoleh melalui evaluasi kinerja yang terdiri atas:
1. NilaiPraktik
2. Nilai Portofolio
3. Nilai Proyek
c. Penilaian Keterampilan dilakukan pada setiap final menuntaskan satu KD.
d. Penentuan Nilaiuntuk Kompetensi Keterampilanmenggunakan rentang nilai menyerupai evaluasi Pengetahuan pada tabel 2
e. Penghitungan Nilai Kompetensi Keterampilan yakni dengan cara:
1. Menetapkan pembobotan dan rumus penghitungan
2. Menggunakan skala nilai 0 sd 100.
3. Pembobotan diputuskan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan penerima didik.
4. Nilai Praktik dimasukankan didiberi bobot lebih besar dari pada Nilai Portofolio dan Proyek lantaran lebih mencerminkan proses perkembangan pencapaian kompetensi penerima didik.
5. Rumus: Jumlah Nilai (Praktik, Portofolio, Projek) X 4
Jumlah nilai terbaik
6. misal Penghitungan
Pembobotan 2 : 1 : 1 untuk Nilai Praktik : Nilai Portofolio : Nilai Proyek (jumlah perbandingan pembobotan = 4
Siswa A memperoleh nilai pada Mata Pelajaran Agama dan Budi pekerti sebagai diberikut :
Nilai Praktik = 80
Nilai Portofolio = 75
Nilai Proyek = 80
Nilai Rapor = (2x800 + (1x75) + (1x80) X 4
400
= (160+75+80) X 4
400
Nilai Rapor = (315:400) X 4
Nilai Konversi = 3,15 = B+
Deskripsi = sudah baik dalam mengerjakan praktik dan proyek, namun masih perlu ditingkatkan kedisiplinan merapikan tugas- tugas dalam satu portofolio.
3. Penilaian Sikap
a. Penilaian Sikap (spiritual dan sosial) dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran (Pendidik)
b. Penilaian Sikapdiperoleh memakai instrumen:
1. Penilaian observasi
2. Penilaian diri sendiri
3. Penilaian antar penerima didik
4. Jurnal catatan guru
c. Nilai Observasi diperoleh dari hasil Pengamatan terhadap Proses sikap tertentu pada sepanjang proses pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD)
d. Untuk evaluasi Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1danKI-2) memakai nilai Kualitatif menyerupai pada tabel 3 sebagai diberikut:
e. Tabel 3 : Rentang Nilai Kompetensi Sikap
No. | Nilai | Predikat | Nilai Sikap |
1 | 0,00 ˂ Nilai ≤ 1,00 | D | KURANG |
2 | 1,00 ˂ Nilai ≤ 1,33 | D+ | |
3 | 1,33 ˂ Nilai ≤ 1,66 | C-. | CUKUP |
4 | 1,66 ˂ Nilai ≤ 2,00 | C | |
5 | 2,00 ˂ Nilai ≤ 2,33 | C+ | |
6 | 2,33 ˂ Nilai ≤ 2,66 | B- | BAIK |
7 | 2,66 ˂ Nilai ≤ 3,00 | B | |
8 | 3,00 ˂ Nilai ≤ 3,33 | B+ | |
9 | 3,33 ˂ Nilai ≤ 3,66 | A- | SANGAT BAIK |
10 | 3,66 ˂ Nilai ≤ 4,00 | A |
f. Penghitungan Nilai Sikap yakni dengan cara :
1. menentukan Skala evaluasi sikap dibentuk dengan rentang antara 1 - 4, teladan :
b. = kurangkonsisten;
c. = mulaikonsisten;
d. = konsisten;
2. Menetapkan pembobotan dan rumus penghitungan
3. Pembobotan diputuskan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan penerima didik
4. Nilai Proses atau Nilai Observasi dimasukankan didiberi bobot lebih besar dari pada Penilaian Diri Sendiri, Nilai Antarkawan, dan Nilai Jurnal Guru lantaran lebih lebih mencerminkan proses perkembangan sikap penerima didik yang otentik.
5. misal : Pembobotan 2 : 1 : 1 : 1 untuk Nilai Observasi : Nilai Penilaian Diri Sendiri : Nilai Antarkawan : Nilai Jurnal Guru (jumlah perbandingan pembobotan = 5.
6. Rumus penghitungan:
Jumlah nilai (Observasi,diri sendiri,antar kawan,jurnal)
-------------------------------------------------------------------- x 4
Jumlah Nilai terbaik
Siswa A dalam mata pelajaran Agama dan Budi Pekerti memperoleh :
Nilai Observasi = 4
Nilai diri sendiri = 3
Nilai antarpeserta didik = 3
Nilai Jurnal = 4
Nilai Rapor = {(2x4)+(1x3)+(1x3)+(1x4)} : 20 x 4
= (18:20) x 4 = 3, 6
Nilai Konversi = 3,6 = Sangat Baik
Deskripsi = Memiliki sikap SangatBaikselama dalam proses pembelajaran,.
4. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)
a. KKM ditentukan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan : karakteristik kompetensi dasar, daya dukung, dan karakteristik penerima didik.
b. KKM tidak dicantumkan dalam buku hasil belajar, melainkan pada buku evaluasi guru.
c. Peserta didik yang sudah mencapai atau melampaui KKM, didiberi acara Pengayaan.
d. Keterangan ketuntasan :
1. Kompetensi pengetahuan dan keterampilan ditetapkan tuntas apabila mencapai nilai 2.66
2. Kompetensi sikap spiritual dan sosial ditetapkan tuntas apabila mencapai nilai Baik
e. Implikasi dari ketuntasan berguru tersebut yakni sebagai diberikut.
1. Untuk KD pada KI-3 dan KI-4: didiberikan remedial individual sesuaidengankebutuhankepadapesertadidik yang memperolehnilaikurangdari 2.66;
2. Untuk KD pada KI-3 dan KI-4: didiberikanpeluanguntukmelanjutkanpelajarannyake KD diberikutnyakepadapesertadidik yang memperolehnilai 2.66 ataulebihdari 2.66; dan
3. Untuk KD pada KI-3 dan KI-4: diadakan remedial klasikalsesuaidengankebutuhanapabilalebihdari 75% pesertadidikmemperolehnilaikurangdari 2.66.
4. Untuk KD pada KI-1 dan KI-2, pembinaanterhadappesertadidik yang secaraumumprofilsikapnyabelumberkategoribaikdilakukansecaraholistik (paling tidakoleh guru matapelajaran, guru BK, dan orang tua).
f. Peserta didik ditetapkan tidak naik kelas apabila terdapat minimal salah satu kompetensi dari tiga mata pelajaran tidak tuntas.
C. PETUNJUK TEKNIS PENGISIAN RAPOR SMP
1. Buku laporan hasil berguru diisi dengan goresan pena yang rapi dan jelas.
2. Nama penerima didik di halaman judul, data Satuan Pendidikan di lembar 1, dan penerima didik siswa di lembar 2 ditulis memakai abjad kapital yang terang dan rapi.
3. Lembar 2 yang meliputi data penerima didik, dilengkapi dengan foto penerima didik terbaru berukuran 3 x 4.
4. Lembar CAPAIAN kompetensi semester 1 diisi dengan:
a. Identitas Satuan Pendidikan dan identitas penerima didik.
b. Pada kolom Pengetahuan dan Keterampilan didisi dengan perolehan nilai dari tiap guru mata pelajaran yang berupa angka Predikat D sd A.
c. seperti pada Tabel2
5. Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI1 dan KI2), dalam kolom Mapel diisi dengan predikat menyerupai pada Tabel 3
SB = Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
6. Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI1 dan KI2) antarmapel diisi dengan deskripsi kesimpulan dari sikap penerima didik secara keseluruhan dalam mata pelajaran. Kesimpulan tersebut diperoleh melalui koordinasi bersama dengan guru mata pelajaran pada kelas yang sama (lihat teladan dalam lampiran).
CONTOH PENGISIAN
Nama Sekolah : _______________ Kelas : ______________
Alamat : _______________ Semester : 1 (Satu)
Nama : _______________ Tahun Pelajaran : ___________
Nomor Induk/NISN : _______________
CAPAIAN
MATA PELAJARAN | Pengetahuan | Keterampilan | Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1dan KI 2) | |||
(KI 3) | (KI 4) | Mata Pelajaran | Antar- | |||
Mata Pelajaran | ||||||
Kelompok A | ||||||
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | A | A- | SB | Faris menawarkan sikap konsisten dan sungguh-sungguh dalam menerapkan sikap spiritual, jujur , dan kerjasama, terutama dalam mapel Pendidikan Agama dan Budi pekerti, Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. | |
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewargguagaraan | A- | B+ | B | ||
3 | Bahasa Indonesia | A | A | SB | ||
4 | Matematika | A- | B | B | ||
5 | Ilmu Pengetahuan Alam | B+ | B+ | B | ||
6 | Ilmu Pengetahuan Sosial | B | B | B | ||
7 | Bahasa Inggris | A- | A- | SB | ||
Kelompok B | ||||||
1 | Seni Budaya | B+ | B+ | B | ||
2 | Pendidikan Jasmani,Olah Raga,dan Kesehatan | A | A | SB | ||
3 | Prakarya | B- | C | B |
Kegiatan ekstrakurikuler diisi dengan nilai kualitatif (A = sangat memuaskan,B = memuaskan,C = cukup memuaskan, dan K = kurang memuaskan) dilengkapi dengan keterangan nilai masing-masing ekstra kurikuler. Nilai dan keterangan kegiatan ekstra kurikuler diperoleh dari guru pembina/pelatih ekstrakurikuler.
misal :
Tabel 4 : teladan Pengisisan Capaian Nilai Ekstrakurikuler
Kegiatan Ekstrakurikuler | Nilai | Keterangan |
Praja Muda Karana | A | Sangat Memuaskan. Juara LT I tingkat Provinsi |
2.Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) | B | Memuaskan, aktif dalam setiap kegiatan |
Kolom absensi diisi dengan rekap kehadiran penerima didik (sakit, izin, dan tanpa keterangan) .
misal:
Tabel 5 : misal pengisisan kolom ketidakhadiran
Ketidakhadiran |
Sakit : 1 hari |
Izin : - hari |
Tanpa Keterangan : - hari |
Lembar catatan deskripsi kompetensi mata pelajaran diisi dengan :
a. Identitas Satuan Pendidikan dan identitas penerima didik.
b. Catatan deskripsi pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual, dan sikap sosial tiap mata pelajaran diperoleh dari guru mata pelajaran.
c. Catatan deskripsi Pengetahuan, Keterampilan, sikap spiritual, dan sosial tiap mata pelajaran ditulis dengan terang dan rapi.
d. misal pengisisan lembar catatan deskripsi :
No. | Mata Pelajaran | Kompetensi | Catatan | |
Kelompok A. | ||||
7.. | Bahasa Inggris | Pengetahuan | Sangat Baik, sudah memahami seluruh kompetensi, terutama dalam memahami tujuan, dan susunan teks namun perlu lebih teliti dalam memakai unsur kebahasaan yang baik dan benar | |
Keterampilan | Sudah terampil dalam memakai ungkapan-ungkapan yang sudah dipelajari, namun perlu lebih berani lagi dan percaya diri | |||
Sikap Spiritual dan Sosial | Sudah konsisten menawarkan sikap diberiman bertaqwa, jujur, disiplin, kerjasama namun perlu peningkatan rasa percaya diri. | |||
Kelompok B | ||||
2 | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | Pengetahuan | Sudah memahami tiruana konsep keterampilan, kecuali | |
konsepgayahidupsehatuntukmencegahberbagaipenyakit. Perlulebihdisiplindalammemahamikonsepgayahidupsehat.. | ||||
Keterampilan | Sudah menguasai permainan dan olah raga, terutama mempraktikkan metode dasar Dapat diikutsertakan dalam lomba OSN tingkat kota. | |||
Sikap Spiritual dan Sosial | Sudah menandakan perjuangan terbaik dalam setiap acara gerak jasmani, sportif dalam bermain, perlu peningkatan dalam menghargai perbedaan. perlu terus dikembangkan sikap , sportif dalam bermain danmenghargai perbedaan |
Teknik pegisian lembar evaluasi laporan hasil berguru semester 2 (dua) sama dengan metode pengisian lembar evaluasi laporan hasil berguru semester 1 (satu).
Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh Satuan Pendidikan, dengan ketentuan minimal sebagai diberikut :
a. Menyelesaikan seluruh acara pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.
b. Mencapai tingkat kompetensi yang dipersyaratkan, minimal sama dengan KKM.
c. Mencapai nilai sikap untuk tiruana mata pelajaran minimal baik.
d. Tidak terdapat nilai kurang dari KKM terbaik pada tiga mata pelajaran.
e. Ketidakhadiran siswa tanpa keterangan terbaik 15 % dari jumlah hari efektif.
Keterangan pindah/keluar Satuan Pendidikan diisi dengan:
a. Tanggal diputuskannya keluar dari Satuan Pendidikan.
b. kelas yang ditinggalkan pada ketika keluar dari Satuan Pendidikan.
c. Alasan keluar dari Satuan Pendidikan.
d. Tanggal penanhadiranan pengakuan oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah dibubuhi stempel.
e. Pengesahan kepindahan keluar Satuan Pendidikan dikuatkan dengan tanda tangan orang tua/wali penerima didik.
Keterangan pindah/masuk satuan pendidikan diisi dengan :
a. Nama penerima didik yang masuk ditulis dengan abjad kapital.
b. Identitas penerima didik ditulis apabila pindah masuk ke sekolah gres (mutasi dari luar ke dalam Satuan Pendidikan).
c. Tanggal penanhadiranan pengakuan oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah dibubuhi stempel.
d. Pengesahan kepindahan keluar Satuan Pendidikan dikuatkan dengan tanda tangan orang tua/wali penerima didik.
Catatan prestasi yang pernah dicapai diisi dengan :
a. Identitas penerima didik.
b. catatan prestasi yang menonjol pada bidang kurikuler (akademik), ekstrakurikuler (nonakademik), dan catatan khusus lainnya yang berafiliasi dengan sikap serta hal-hal yang selain kurikuler dan ekstrakurikuler (misalnya memenangkan kejuaraan dalam ajang pencarian bakat, dan sebagainya).
Tag :
Kurikulum 2013
0 Komentar untuk "Model Dan Juknis Pengisian Rapor Kurikulum 2013"