Peta Provinsi Kepulauan Riau ( Kepri)

Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terletak  di wilayah Indonesia Barat

Kepulauan Riau (Kepri)
05Pakaian Adat Melayu “Indragiri Riau”
5. Provinsi Riau Kepulauan Rumah Selaso Jatuh Kembar Rumah Belah Bubung
Semua gambar Peta 33 Provinsi Di Indonesia disajikan dalam File yang berukuran besar, sengaja dipisahkan per halaman supaya enteng dibuka, nyaman, simpel di download. Silahkan dipilih bagi yang berminat, semoga bermanfaa.


Kepulauan Riau ialah provinsi gres hasil pemekaran dari provinsi Riau. Provinsi Kepulauan Riau terbentuk menurut Undang-undang Nomor 25 tahun 2002 ialah Provinsi ke-32 di Indonesia. Ibukota provinsi Kepulauan Riau berkedudukan di Tanjungpinang.

Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah utara, Malaysia dan provinsi Kalimantan Barat di timur, provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di selatan; Negara Singapura, Malaysia dan provinsi Riau di sebelah barat.

Secara keseluruhan wilayah Kepulauan Riau terdiri dari 5 kabupaten dan 2 kota, 47 kecamatan serta 274 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar dan kecil yang 30% belum berjulukan dan belum berpenduduk. Adapun luas daerahnya sebesar 252.601 km², sekitar 95% ialah lautan dan spesialuntuk sekitar 5% daratan.

Provinsi ini terletak pada jalur kemudian lintas transportasi laut dan udara yang strategis dan terpadat pada tingkat internasional serta pada bibir pasar dunia yang mempunyai peluang pasar.

Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepri
1.    Kota Tanjungpinang,
2.    Kota Batam,
3.    Kabupaten Bintan,
4.    Kabupaten Karimun,
5.    Kabupaten Natuna,
6.    Kabupaten Kepulauan Anambas dan
7.    Kabupaten Lingga.

Sumber daya alam
Kepri mempunyai potensi sumber daya alam mineral dan energi yang relatif cukup besar dan bervariasi baik berupa materi galian A (strategis) menyerupai minyak bumi dan gas alam, materi galian B (vital) menyerupai timah, bauksit dan pasir besi, maupun materi galian golongan C menyerupai granit, pasir dan kuarsa.

Kelautan
Sebagai provinsi kepulauan, wilayah ini terdiri atas 96 % lautan. Di Kabupaten Karimun terdapat budidaya Ikan kakap, budidaya rumput laut, kerambah jaring apung. Di Pulau Setoko, bahkan terdapat sentra pembenihan ikan kerapu yang bisa menghasilkan lebih dari 1 juta benih setahunnya.

Di kawasan telaga punggur, ada satu pelabuhan perikanan yang dikelola murni oleh swasta . Letak pelabuhan perikanan swasta Telaga Punggur sangat strategis alasannya yaitu berhadapan dengan jalur lintas kapal penangkapan ikan antara Propinsi Kepri dan Natuna, ZEEI , Laut Cina Selatan.

Pertanian
Sektor pertanian ialah sektor yang strategis terutama di Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun dan Kota Batam. Disamping palawija dan holtikultura, tanaman lain menyerupai kelapa, kopi, gambir, nenas serta cengkeh dan perkebunan kelapa sawit.

Pariwisata
Objek wisata di Provinsi Kepulauan Riau antara lain yaitu wisata pantai yang terletak di banyak sekali kabupaten dan kota. Pantai Melur, Pulau Abang dan Pantai Nongsa di kota Batam, Pantai Pelawan di Kabupaten Karimun, Pantai Lagoi, Pantai Tanjung Berakit, Pantai Trikora, dan Bintan Leisure Park di kabupaten Bintan. Kabupaten Natuna populer dengan wisata baharinya menyerupai snorkeling.

Provinsi Kepulauan Riau juga mempunyai objek wisata lainnya menyerupai cagar budaya, makam-makam bersejarah, tarian-tarian tradisional serta event-event khas daerah.

Di kota Tanjungpinang terdapat pulau Penyengat sebagai pulau bersejarah alasannya yaitu di pulau ini terdapat masjid bersejarah dan makam-makam Raja Haji Fisabililah dan Raja Ali Haji yang kedua-duanya yaitu jagoan nasional.

Sumber : Wikipedia indonesia


Peta 33 Provinsi Di Indonesia Lengkap terbaru

Peta Provinsi di Wilayah Indonesia Barat

Peta Provinsi di Wilayah Indonesia Timur

Harun Ar  Megang Sakti, Musi Rawas, Sumatera Selatan.
belajaripssmp789.blogspot.com
0 Komentar untuk "Peta Provinsi Kepulauan Riau ( Kepri)"

Back To Top