Soal Latihan
Lingkungan Hidup dan Pelestariannya
A. Pilihlah jawabanan yang paling tepat
1. Ruang yang ditempati makhluk hidup bersama benda tak hidup disebut ... .
a. ekosistem c. populasi
b. lingkungan d. habitat
2. Berikut yang bukan ialah unsur-unsur lingkungan adalah ... .
a. unsur biotik
b. unsur administrasi lingkungan
c. unsur abiotik
d. unsur sosial budaya
3. Unsur-unsur diberikut ini yang berupa komponen abiotik yaitu ... .
a. tanah, udara, dan mikroorganisme
b. mikroorganisme, cacing, dan serangga
c. flora, fauna, dan mikroorganisme
d. air, tanah, dan udara
4. Berikut adalah proses alam yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, yaitu ... .
a. tumpahan minyak di bahari c. kemarau panjang
b. jebolnya bendungan/dam d. sampah
5. Salah satu faktor yang mengakibatkan terjadinya polusi air yaitu ... .
a. kegiatan perladangan c. berkurangnya volume air sungai
b. erosi di belahan hulu d. membuangan limbah industri
6. Tingkat kebisingan yang sanggup mengganggu kehidupan manusia, yaitu bunyi yang memiliki kekuatan ... .
a. < 80 desibel c. > 80 desibel
b. < 80 Mhz d. > 80 Mhz
7. Pelaksanaan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup ialah kebijakan pemerintah yang dituangkan malalui ... .
a. Peraturan Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 19 Tahun 1986
b. Peraturan Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 29 Tahun 1986
c. Peraturan Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 39 Tahun 1986
d. Peraturan Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 49 Tahun 1986
8. Berikut ialah usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup yang sanggup dilakukan, kecuali ... .
a. melakukan pengolahan tanah
b. mengatur sistem irigasi atau drainase
c. mempersembahkan perlakuan khusus terhadap limbah sebelum dimembuang
d. melakukan urbanisasi
9. Bukan ialah belahan dari Trilogi Pembangunan yaitu ... .
a. pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya
b. ikut menjaga perdamaian dunia
c. stabilitas nasional yang sehat dan dinamis
d. pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi
10. Dalam analisis SWOT, bahaya yang tidak lain yaitu dampak negatif pembangunan disebut dengan istilah ... .
a. threat c. opportunity
b. weakness d. strenght
11. Adaptasi yang dilakukan manusia terhadap lingkungannya akan meng- hasilkan banyak sekali bentuk hasil interaksi yang disebut dengan budaya. Berikut yaitu hasil budidaya manusia, kecuali ... .
a. pola pedoman sungai
b. pola mata pencaharian
c. pola pemukiman
d. pola penerapan lahan
12. Selain sebagai kawasan tinggalnya, lingkungan hidup juga sanggup dimanfaatkan insan untuk dikembangkan sebagai hal-hal diberikut, kecuali ... .
a. media penghasil materi kebutuhan pokok
b. wahana bersosialisasi dan diberinteraksi
c. sumber energi
d. potensi konflik
13. Berkurangnya kadar oksigen (O ), menipisnya lapisan ozon (O ), dan bila bersenyawa dengan air hujan akan menimbulkan hujan asam ialah dampak dari ... .
a. polusi air c. polusi tanah
b. polusi udara d. polusi suara
14. Lingkungan mempunyai arti penting dalam menyokong kehidupan makhluk hidup, sejauh makhluk hidup tersebut mampu beradaptasi dengan lingkungan. Berikut ini yang ialah bentuk pembiasaan insan terhadap lingkungan-nya adalah ... .
a. pola permukiman penduduk
b. pemakaian banyak sekali sumber daya alam
c. membangun PLTA dan masukana transportasi
d. kegiatan perladangan
15. Usaha untuk mengurangi pengikisan di lahan pertanian yang miring antara lain bisa dilakukan dengan cara ... .
a. menanami dengan tumbuhan tiruansim
b. menggunakan sistem terasiring
c. melaksanakan mekanisasi pertanian
d. menggunakan sistem tumpang sari
16. Pemmembuangan sampah-sampah diberikut ini sanggup menjadikan polusi tanah kecuali ... .
a. plastik c. pecahan beling
b. daun-daunan d. besi bekas
17. Peristiwa dampak rumah beling (green house effect) yang berlangsung cukup usang akan mengakibatkan hal-hal di bawah ini, kecuali ... .
a. perubahan iklim dunia
b. pemanasan global
c. hujan asam
d. pencairan es di kutub
18. Usaha menangkap ikan dengan memakai materi peledak dihentikan lantaran akan membawa dampak antara lain berupa ... .
a. ikan menjadi tidak lezat rasanya
b. harga ikan menjadi lebih murah
c. populasi ikan terancam cepat punah
d. berbagai jenis ikan tidak disukai konsumen
19. Menurut konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan, kegiatan pembangunan yang kita lakukan hendaknya ... .
a. tidak usah dilakukan jika menjadikan dampak nyata
b. dilakukan jika menjadikan dampak positif
c. boleh dilakukan jika tidak menimbulkan dampak negatif
d. kegiatan pembangunan dilakukan dengan cara menekan seminimal mungkin dampak yang terjadi
20. Salah satu ciri pembangunan yang berwawasan lingkungan adalah ... .
a. melakukan AMDAL setelah pembangunan dilakukan
b. melakukan AMDAL sebelum pembangunan dilaksanakan
c. sesudah pembangunan dilakukan diteliti dampak yang terjadi
d. sebelum pembangunan dilaksanakan terlebih doloe diteliti potensi lingkungannya
B. Kerjakan soal-soal diberikut
1. Sebut dan jelaskan unsur-unsur lingkungan dengan disertai teladan masing- masing
2. Sebutkan beberapa bentuk kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh tanda-tanda alam
3. Sebutkan beberapa bentuk kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh dampak kegiatan manusia
4. Sebutkan lima usaha-usaha yang sanggup dilakukan insan dalam melestari- kan lingkungan hidup
5. Sebutkan ciri-ciri pembangunan yang berwawasan lingkungan
6. Mengapa setiap pembangunan suatu proyek wajib dilakukan AMDAL terlebih lampau
7. Bagaimanakah pengelolaan sampah yang baik biar tidak mencemari dan merusak lingkungan?
8. Deskripsikan proses terjadinya hujan asam sebagai jawaban adanya polusi udara dengan disertai gambar atau bagan
9. Bagaimanakah keterkaitan manusia, sumber daya alam, dan iptek dalam mendukung pembangunan?
10. Menurut pandapat kalian, sudahkah negara kita melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan? Berikan alasan-alasan kalian
Sumber : Buku IPS untuk SMP/MTs Kelas VIII
Penulis : Sanusi Fattah Amin Hidayat Juli Waskito, Moh. Taukit Setyawan
0 Komentar untuk "Soal Uh Ips Smp Kelas 8 Lingkungan Hidup Dan Pelestariannya"